Sukses

Tarik Wisatawan, Pemerintah Siapkan Aplikasi Khusus Pariwisata

Kehadiran aplikasi mobile diharapkan bakalan memudahkan wisatawan saat datang ke Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki berbagai kekuatan kearifan lokal yang bisa dimanfaatkan untuk menarik para wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Setiap bulannya, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), tercatat sekitar 700 ribuan wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia. 

Potensi besar yang ada di alam Indonesia diakui akan dimanfaatkan dengan baik oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Menteri Parekraf, Mari Elka Pangestu mengatakan, pihaknya menyiapkan Rp 400 miliar sebagai dana kampanye pariwisata agar menarik para wisatawan.

Selain kampanye, pihak Kemenparekraf mengaku juga akan menyediakan berbagai kemudahan bagi setiap wisatawan yang datang ke Indonesia. Aplikasi pemandu bagi para wisatawan diklaim sedang dikembangkan oleh tim khusus dari Kemenparekraf.

"Kita sudah siapkan aplikasi pendukung pariwisata berbasis perangkat mobile yang bisa digunakan para turis saat mengunjungi Indonesia, sekarang masih dalam tahap persiapan," ungkap Mari saat berkunjung ke kantor redaksi Liputan6.com.

Aplikasi tersebut diakui Mari sebagai langkah memudahkan para pengguna perangkat mobile saat berkunjung ke Indonesia. Perangkat mobile seperti tablet dan smartphone sekarang ini seakan sudah menjadi alat wajib bagi kebanyakan orang untuk mendukung kegiatannya sehari-hari.

"Aplikasinya akan segera diperkenalkan dalam waktu dekat," tambah Mari sambil melempar senyum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.