Sukses

Sony Sumringah PlayStation 4 Terjual 10 Juta Unit

Pencapaian Sony ini kabarnya sukses mencetak rekor anyar di indutri konsol game dunia.

Liputan6.com, Cologne - Di ajang konferensi Gamescom yang saat ini tengah berlangsung di Cologne, Jerman, Sony dengan bangga mengumumkan bahwa penjualan konsol game PlayStation 4 (PS4) sudah mencapai 10 juta unit di berbagai penjuru dunia.

Pencapaian Sony ini kabarnya sukses mencetak rekor anyar di indutri konsol game dunia. PS4 menjadi konsol game terlaris dalam waktu tersingkat sepanjang serah. Dua pesaing ketat Sony, Nintendo dan Microsoft, tercatat belum pernah sekalipun mendekati pencapaian Sony tersebut.

Angka penjualan 10 juta unit PS4 diraih Sony dalam kurun waktu kurang dari setahun, atau tepatnya hanya 9 bulan sejak diluncurkan pertama kali pada akhir November 2013 kemarin.

Sebagai perbandingan, Nintendo Wii U diketahui membutuhkan waktu hingga 1 tahun lebih untuk mencapai angka penjualan enam juta unit. Sementara Xbox One --diluncurkan satu bulan lebih cepat dibanding PS4-- pada kuartal kedua 2014 baru mampu mencapai angka penjualan 5 juta unit. 

"Kami menerima respon yang sangat baik dari para gamer terkait sistem PS4 yang menghadirkan gameplay unik, didukung pula dengan konektivitas internet, dan portofolio judul game yang sangat luas. Dan saya benar-benar senang bahwa PS4 mampu mencetak rekor hanya dalam waktu kurang dari 9 bulan," ungkap SCE CEO Sony, Andrew House, seperti dikutip dari laman Gamespot, Jumat (15/8/2014).

Performa penjualan PS4 memang selalu memberi kejutan. Sebelumnya hanya dalam kurun waktu empat bulan setelah peluncuran, Sony beberapa waktu lalu dengan bangga mengumumkan konsol game andalannya tersebut telah berhasil mencapai angka penjualan 7 juta unit.

CEO Sony Kazuo Hirai bahkan sempat mengungkapkan bahwa kini perusahaannya telah meraup keuntungan dari penjualan konsol PS4. Pernyataan Hirai ini dilontarkan pada sebuah rapat strategi perusahaan yang berlangsung pada awal kuartal kedua tahun 2014 ini. Namun sayang, tidak dipublikasikan secara rinci seberapa besar keuntungan Sony yang berasal dari penjualan PS4.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini