Sukses

XL Klaim Layanannya Lampaui Standar Saat Lebaran

Kominfo mengeluarkan surat keputusan standar layanan komunikasi yang harus dipenuhi operator komunikasi pada hari Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri adalah salah satu momen penting bagi warga Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim. Layanan komunikasi pun ikut mendapat perhatian khusus setiap menjelang Idul Fitri.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bahkan mengeluarkan surat keputusan standar layanan komunikasi yang harus dipenuhi operator komunikasi pada hari Lebaran dalam SK Menteri Kominfo No. 16/2013. Dan PT XL Axiata Tbk (XL) mengklaim sudah melampaui standar yang diberikan itu. 

"Alhamdulillah kami bisa memenuhi ketentuan minimal layanan yang sudah ditentukan Kominfo, bahkan lebih baik," ungkap Ongki Kurniawan, Direktur Service Management XL di fX Jakarta.

Di SK itu, Kominfo menetapkan bahwa minimal layanan komunikasi bisa menangani di bawah 90% layanan suara dan drop call rate tak sampai 5%, layanan SMS harus terkirim harus di bawah 3 menit minimal 75%.

"Layanan yang kita sediakan di suara mencapai 97%, call drop sekitar 1,2%, SMS terkirim 99% dengan minimal terkirim 3 menit sebesar 93% dan internet mencapai 97%. Ketika dikonversi pada availability jaringan XL di hari Lebaran mencapai 99,4%," tambahnya.

Dalam mempersiapkan jaringannya, XL mengaku melakukan berbagai upaya yang dilakukan secara terstruktur, sistematis dan massif (TSM). Upaya ini diklaim akan terus dilakukan XL di setiap event dengan trafik tinggi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini