Sukses

Perangi Gay, Facebook Sumbang Ratusan Juta Rupiah?

Informasi seputar sumbangan itu pertama kali muncul di laman situs komunitas kaum gay QSaltLake.

Liputan6.com, Utah - Facebook dilaporkan telah menyumbang dana sebesar US$ 10 ribu  atau sekitar Rp 117 juta untuk mendukung kampanye pemilihan kembali Jaksa Agung Utah, Sean Reyes, yang kini tengah mendapat perhatian dalam memerangi putusan pengadilan yang akan menghalalkan pernikahan sesama jenis.

Informasi seputar sumbangan itu pertama kali muncul di laman situs komunitas kaum gay QSaltLake, yang juga membahas soal pengajuan kampanye pemilihan Reyes pada tahun 2014 di situs State of Utah Financial Disclosures.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Facebook mengatakan memiliki catatan mendalam tentang isu-isu komunitas Lesbian Gay Bisexual Transgender (LGBT). Namun pihaknya membuat keputusan ini berdasarkan portofolio isu yang dapat menyokong bisnisnya. 

Sementara itu, sebuah kontribusinya terhadap Reyes, tidak berarti bahwa pihaknya setuju dengan setiap kebijakan atau posisi yang dibutuhkan oleh calon Jaksa Agung itu.

"Kami megucurkan donasi untuk tujuan yang sama, di mana Reyes berkomitmen untuk mendorong inovasi dan Internet terbuka, bukan karena soal memerangi pernikahan sesama jenis," kata juru bicara Facebook kepada Huffington Post, Sabtu (16/8/2014).

Facebook dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi yang banyak berkontribusi terhadap dunia politik. Peran terbesarnya adalah ikut serta dalam Political Action Committee (PAC) sejak tahun 2011.

Selain itu Facebook juga sempat menyumbangkan dana sebesar US$ 8.500 untuk kampanye pemilihan kembali Jaksa Agung California, Kamala Harris, yang sangat vokal terhadap kesetaraan dalam pernikahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.