Sukses

Google Siapkan Layanan Khusus Anak-anak

Gebrakan baru Google ini supaya anak-anak bisa lebih leluasa menggunakan berbagai layanan perusahaan, termasuk email dan YouTube.

Liputan6.com, Jakarta - Google dilaporkan sedang bersiap-siap meluncurkan layanan khusus untuk anak-anak. Gebrakan baru Google ini agar anak-anak bisa lebih leluasa menggunakan berbagai layanan perusahaan, termasuk email dan YouTube.

Menurut laman Mashable, Rabu (20/8/2014), dengan layanan khusus ini, anak-anak bisa membuat akun Google mereka sendiri untuk pertama kalinya. Saat ini Google menerapkan batasan umur minimal 13 tahun untuk bisa menggunakan layanannya di Amerika Serikat.

Mengutip laporan dari The Information, langkah baru ini sekaligus akan memungkinkan pengguna dari kalangan anak muda mengakses YouTube dengan versi 'child safe'.

Untuk itu Google akan meminta pengguna mengungkapkan umur mereka ketika membuat akun Google di perangkat Android. Selain itu, orangtua akan memiliki sebuah aplikasi khusus yang bisa memantau aktivitas anak-anak mereka di layanan Google.

Langkah baru ini dinilai dapat menumbuhkan basis pengguna Google secara drastis, khususnya di kalangan anak-anak yang aktivitas digitalnya sangat dipantau oleh orangtua mereka. Saat ini anak-anak di bawah umur diperkirakan telah mengakses layanan milik Google melalui berbagai cara 'terlarang'.

Sementara laporan tentang rencana perusahaan telah beredar luas, pihak Google enggan menanggapi. "Kami tidak ingin mengomentari rumor atau spekulasi," kata juru bicara Google kepada Mashable.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini