Sukses

Telkomsel Siap Bangun Smart City Platform di Bandung

Telkomsel akan bertindak sebagai pihak pembangun konektivitas sebagai medium komunikasi dan informasi.

Liputan6.com, Jakarta - Niatan Bandung untuk menjadi 'Silicon Valley' Indonesia mulai mendapat dukungan dari berbagai pihak. Pembangunan smart city di Kota Kembang merupakan satu dari sekian banyak langkah menghadirkan kota teknologi bagi Bandung.

Dukungan terbaru kini datang dari PT Telkomsel dan LAPI ITB (Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri - Insititut Teknologi Bandung). Keduanya sepakat menandatangani perjanjian kerjasama mengenai ‘Program Penerapan Smart City Platform’.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief dan Direktur LAPI ITB yang diwakili oleh Dr. Ir. Sigit Darmawan selaku Direktur Pengembangan Usaha.

Smart City Platform yang dibangun akan membentuk suatu sistem terintegrasi yang dapat menciptakan interaksi yang cepat dan tepat sasaran antara Pemerintahan dan masyarakat. Telkomsel akan bertindak sebagai pihak pembangun konektivitas sebagai medium komunikasi dan informasi dalam sistem tersebut.

Direktur Network Telkomsel, Abdus Somad Arief menyebutkan bahwa smart city telah menjadi visi banyak kota di dunia. Smart city dianggap sebagai proses mewujudkan keteraturan dalam sistem interaksi di masyarakat sehingga dapat menciptakan efisiensi waktu dan sumber daya.

"Platform smart city juga dapat menjadi sumber informasi pemerintah atas apa yang terjadi di lingkungan dan masyarakat yang dilayaninya dengan cepat, sehingga pengambilan keputusan dapat diambil segera dan tepat berdasarkan informasi real time yang dikirimkan oleh sensor-sensor yang terhubung dalam satu kesatuan sistem tersebut," ungkapnya.

Pengelolaan smart city dapat diterapkan untuk mengatasi berbagai permasalahan, seperti pada limbah, transportasi, kependudukan,kesehatan, pendidikan, pengairan, perumahan dan masalah perkotaan lainnya. Dengan pembangunan sistem dan sensor Smart City, masalah sosial diharapkan bisa ditekan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan lebih cepat dan efisien.

"Dengan adanya kerjasama Telkomsel dengan LAPI ITB diharapkan Smart City Platform dapat diimplementasikan melalui pengembangan bisnis digital, penerapan teknologi machine to machine dan supporting system untuk big data solution. Kami harap Smart City Platform ke depannya akan dapat diterapkan di berbagai kota di Indonesia." tutup Abdus Somad dalam keterangan resmi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini