Sukses

`iPhone Layar Safir Tak Akan Dijual Tahun Ini`

Biaya produksi safir tetap 10 kali lebih mahal dibandingkan menggunakan Gorilla Glass milik Corning.

Liputan6.com, Jakarta - Analis J.P Morgan, Rod Hall, meyakini penggunaan layar safir pada iPhone generasi terbaru. Namun karena masih ada kendala dalam proses produksi, menurutnya iPhone tersebut tidak akan hadir tahun ini.

Pendapat Hall ini disampaikan dalam sebuah catatan kepada sejumlah investor untuk menanggapi laporan pekan lalu tentang tingginya biaya layar safir. Dalam laporan pekan lalu itu disebutkan bahwa Apple masih belum menentukan penggunaan layar safir untuk generasi terbaru iPhone.

Dia mengungkapkan bahwa mitra layar safir Apple, GT Advanced Technologies, telah mengakuisisi sebuah perusahan bernama Twin Creeks yang menggunakan proses berjuluk 'Hyperion' yang dapat membantu secara signifikan mengurangi biaya pembuatan cover layar safir. Sementara itu, Apple memiliki paten sendiri dalam laminasi safir yang diyakini Hall juga dapat mengurangi biaya.

Kendati demikian, Hall mengatakan bahwa biaya produksi safir tetap 10 kali lebih mahal dibandingkan menggunakan Gorilla Glass milik Corning. Hal ini karena proses implan ion 'Hyperion' belum siap untuk produksi massal.

Namun Hall tidak menutup kemungkinan Apple bisa saja memproduksi lini iPhone high-end mahal dengan layar safir dalam jumlah terbatas pada tahun ini. Namun menurutnya tidak akan ada yang dijual.

"Meski kami memiliki indikasi bahwa sejumlah perangkat safir akan diproduksi, tapi kami yakin Apple tidak akan menjual ponsel dengan layar safir pada tahun ini," tulis Hall seperti dilansir Apple Insider, Rabu (20/8/2014).

"Kami melihat jika safir digunakan, maka ini akan menjadi penjualan yang hebat. Karena layarnya dilaporkan tidak bisa digores (kecuali dengan berlian) dan pada hakekatnya tidak bisa dihancurkan. Kami yakin banyak orang menginginkan safir jika telah tersedia," sambungnya.

Apple sendiri telah lama dilaporkan mempertimbangkan penggunaan safir di panel depan iPhone karena daya tahan materialnya dari goresan dan keretakan. Perusahaan telah menggunakan safir untuk melindungi tombol home iPhone 5S, serta cover lensa kamera iPhone 5s dan 5c.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini