Sukses

Ini Wajah Dunia Teknologi 20 Tahun Silam

20 tahun lalu mungkin tak pernah terbayangkan smartphone akan menjadi gadget sejuta umat yang sangat penting bagi para pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Bila mundur ke 20 tahun yang lalu, atau tepatnya tahun 1994, maka akan ada banyak hal yang sangat berbeda dengan apa yang ada di hari ini. Terutama di dunia teknologi. Dalam dua dekade, perubahan begitu pesat terjadi berkat modernisasi sektor teknologi global.

20 tahun lalu mungkin tak pernah terbayangkan smartphone akan menjadi gadget sejuta umat yang kehadirannya sangat penting bagi para pengguna. Atau laptop dan tablet yang sukses menggantikan fungsi komputer desktop karena portabilitasnya.

Dan yang paling mencolok adalah, di tahun 1994 tidak ada Google! Ya, Google. Perusahaan raksasa berbasis internet itu baru lahir di tahun 1998 dan kini telah menjadi bagian dari peradaban dunia dengan berbagai produk dan layanannya.

Di era seperti sekarang ini siapa yang tidak memanfaatkan mesin pencari Google Search, atau siapa yang belum pernah mencicipi smartphone bersistem operasi Android? 

Namun bagaimanapun tahun 1994 adalah momen yang penting bagi dunia teknologi. Internet global atau World Wide Web (WWW) lahir di tahun ini. Perubahan di ranah teknologi berdampak signifikan terhadap sektor budaya, sosial, politik, dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan kehidupan manusia.

Anda penasaran bagaimana wajah dunia teknologi di tahun 1994? Berikut rangkumannya seperti yang dilansir laman Business Insider, dan ditulis Rabu (20/8/2014). 

1. Di tahun 1994, hampir seluruh komputer desktop yang ada di dunia menggunakan sistem operasi Windows besutan Microsoft.



Selanjutnya: Ponsel masih sangat mahal >>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ponsel masih jadul

2. Telepon seluler (ponsel) sudah ada, namun harganya sangat mahal. Fungsinya juga hanya untuk menelepon dan berkirim pesan SMS.

Selain itu, dulu ponsel belum menggunakan layar touchscreen dan dimensinya sangat besar karena teknologi baterai masih sangat minim. Salah satu produsen pioner penghasil ponsel alah Ericsson.

3. Tim Berners-Lee, seorang ilmuwan asal London yang bekerja di Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (CERN), menemukan konsep World Wide Web (WWW) dan meluncurkan situs internet pertama di dunia. Ia pun memperkenalkan NeXT, browser pertama di dunia.

3 dari 4 halaman

Internet merebak

4. Di tahun 1994, komputer pertama besutan Apple yang diciptakan Steve Jobs juga berjalan pada sistem operasi NeXT Software milik Tim Berners-Lee.


5. Menyusul CERN, Microsoft menjadi perusahaan kedua yang memiliki laman situs internet.


6. Kemunculan internet membuat dunia teknologi bergairah. Perusahaan-perusahaan berbasis internet pun bermunculan di tahun 1994, Yahoo salah satunya.

4 dari 4 halaman

Penyimpanan data

7. Di tahun 1994 belum ada sistem pengunduhan file di internet. Jadi, jika Anda ingin meng-install sebuah aplikasi, Anda perlu memesannya dan akan dikirimkan melalui layanan pos. Kebanyakan aplikasi juga masih dikemas menggunakan floppy disk.

8. Tahun 1994 konsep teknologi media penyimpanan berbasis cloud masih sebuah cita-cita. Para pengguna komputer diwajibkan mem-backup berbagai data penting mereka di floppy disk.

9. Berlangganan layanan email sangat mahal kala itu. Selain itu, koneksi internet pun masih sangat lambat. Korporasi umumnya masih mengandalkan mesin fax untuk berkirim pesan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • Microsoft adalah salah satu perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates.

    Microsoft

  • WWW