Sukses

Harmoni Karaoke, Cara Asyik Kenalkan Musik ke Anak-anak

Fitur andalan Harmoni adalah video recorder, dimana hasil rekaman bisa dibagikan ke media sosial seperti Facebook.

Liputan6.com, Jakarta - Anak-anak masa kini hidup tak jauh dari internet dan gadget. Wajar saja, karena serbuan teknologi hadir mengelilingi hidup mereka. Bahkan tak jarang anak-anak lebih kenal dengan lagu-lagu dewasa yang belum tentu sesuai dengan umur mereka.

Untuk mengatasi tantangan itu, perusahaan pemula (startup) Artoncode Indonesia merilis aplikasi bernyanyi khusus anak-anak. Aplikasi ini diberi nama Harmoni Karaoke.

"Aplikasi buatan Indonesia untuk anak-anak yang digarap dengan serius sangat jarang. Harmoni Karaoke mengisi kekosongan itu," jelas CEO Artoncode, Indra Gunawan.

Aplikasi ini sebenarnya sudah dirilis akhir tahun 2013 lalu dengan mengusung nama Melodi, namun kemudian ditarik oleh App Store pada Maret 2014 tanpa alasan yang jelas. Kemudian Artoncode meluncurkannya kembali bulan ini dengan nama baru.

"Selain nama baru, Desainer Harmoni, Michael Elwin Setiadi mengungkapkan, Harmoni kini memiliki koleksi lagu baru, yaitu lagu-lagu bahasa Inggris. Ini juga merupakan usaha Artoncode untuk meluncurkan Harmoni ke pasar internasional nanti.

Artoncode akan bekerjasama dengan sekolah-sekolah agar Harmoni Karaoke bisa menjadi aplikasi yang membantu guru-guru memperkenalkan lagu-lagu masa kecil kepada anak-anak sekarang.

Pada aplikasi ini juga terdapat fitur video recorder, dimana hasil rekaman bisa dibagikan ke media sosial seperti Facebook. Jadi kita bisa mengajak anak-anak bernyanyi saat menghabiskan waktu bersamanya.

Adapun lagu Indonesia yang disediakan antara lain Heli, Balonku, Naik-Naik ke Puncak Gunung, Lihat Kebunku, Naik Delman Istimewa, Naik Kereta Api, Anak Gembala, Bintang Kecil, Bangun Tidur, Nina Bobo, Burung Kakaktua, Tik Tik Tik Bunyi Hujan.

Sedangkan lagu bahasa Inggris yang tersedia antara lain ABC, Baa Baa Black Sheep, London Bridge, Row, Row, Row Your Boat.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play dan Apple Store.


* Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.