Sukses

Google Street View Kini Hadirkan Panorama Kota Indonesia

Kini tampilan foto panoramik 3D dari jalan-jalan di kota Jakarta, Bogor, Surabaya, dan Denpasar sudah bisa diakses via Google Maps.

Liputan6.com, Jakarta - Google, perusahaan raksasa teknologi berbasis internet akhirnya merilis rangkaian foto Street View 4 kota di Indonesia. Kini tampilan foto panoramik 3D dari jalan-jalan di kota Jakarta, Bogor, Surabaya dan Denpasar sudah bisa diakses oleh para pengguna layanan Google Maps baik melalui perangkat komputer desktop maupun perangkat mobile.

Menurut keterangan yang dipaparkan Country Head Google Indonesia Rudy Ramawi, foto panoramik Street View di keempat kota tersebut sudah cukup mendetail dengan mencakup sekitar 90% tempat umum. Termasuk di antaranya difokuskan pada sejumlah lokasi pariwisata di keempat kota tersebut. 



"Terimakasih untuk semua pihak, terutama Kementerian Pariwasata dan Ekonomi Kreatif yang sudah sangat mendukung kami. Tentunya kami tidak akan berhenti sampai di sini, targetnya seluruh wilayah Indonesia nantinya bisa diakses di Street View," jelas Rudy di acara peluncuran Google Street View Indonesia yang berlangsung Kamis (21/8/2014) di Jakarta.

Rudy memaparkan, proses pembuatan foto Street View di 4 kota di Indonesia ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Proyek ini dimulai pada November 2012 dan baru rampung bulan Agustus 2014 ini.



Sementara itu Andrew McGlinchey selaku Head of Product Management Google Soutest Asia menjelaskan, "Kami selalu berusaha untuk menghadirkan peta yang sangat bagus di berbagai penjuru dunia. Tidak seperti sebuah peta yang hanya menampilkan nama jalan, tapi juga gedung, kontur, dan banyak hal lainnya."

Ada banyak manfaat yang dapat diambil dari hadirnya Street View di Indonesia, terutama di sektor pariwisata.

"Street View bisa menjadi media riset bagi para turis yang mau berlibur ke Indonesia. Ini juga bisa berfungsi sebagai brosur digital perjalanan wisata bagi para turis," ujar Andrew.

Di sisi lain, Rudy menambahkan, Indonesia disebut sebagai rumah dari beberapa pusat bisnis yang sedang berkembang di Asia Tenggara.

"Kami berharap rangkaian gambar Street View yang kami luncurkan dapat membantu orang-orang di seluruh dunia untuk mengenal dan menjelajahi Indonesia," tutur Rudy.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini