Sukses

Google Hapus Ratusan Game Swing Copters Palsu

Belum sepekan resmi dirilis, ratusan game palsu 'Swing Copters' tampak menyemarakkan toko aplikasi Android, Play Store.

Liputan6.com, Jakarta - Game terbaru Dong Nguyen, Swing Copters, berhasil menarik perhatian berbagai pihak. Bahkan belum seminggu resmi dirilis, ratusan game palsu 'Swing Copters' tampak menyemarakkan toko aplikasi Android, Play Store.

Laman The Guardian, Minggu (24/8/2014) melaporkan, ada ratusan game palsu yang mengecoh para pengguna. Namun tak perlu menunggu lama, Google telah menghapus ratusan kloningan itu.

Ratusan game palsu ini muncul setelah Swing Copters yang meluncur pada 21 Agustus 2014 lalu berhasil mendapatkan popularitas di Play Store. Bahkan, game-game palsu tersebut membuat versi aslinya turun ke peringkat 63 dalam daftar pencarian 'Swing Copters' di Play Store.

Kini pengguna tak perlu lagi pusing mencari versi asli, karena Google telah menghapus semua kloningannya. Swing Copters berada di posisi pertama ketika Anda mengetikkan 'Swing Copters'. Menurut keterangan di Play Store, unduhan game ini berkisar antara 10 ribu-50 ribu kali.

Swing Copters tidak hanya dirilis untuk perangkat Android, tapi juga iPhone pada hari yang sama. Dalam waktu tujuh jam tersedia untuk perangkat iOS, Swing Copters menempati posisi ke-45 game top dan peringkat ke-7 untuk aplikasi iPhone gratis populer di Inggris.

Sebaliknya, Swing Copters justru tidak berhasil bertengger di daftar 300 aplikasi atau game gratis di Play Store Inggris. Hal ini diprediksi karena banyak pengguna yang mengunduh versi palsu sebelum game resminya dirilis.

"Kami menghapus semua aplikasi yang melanggar kebijakan kami, seperti aplikasi ilegal atau yang mengandung unsur kebencian. Kami tidak ingin menanggapi tentang aplikasi tertenu," ungkap juru bicara Google kepada The Guardian.

[Baca juga: Game Penerus Flappy Bird Sudah Bisa Diunduh]

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini