Sukses

Saingi Microsoft, Tiongkok Bikin OS Sendiri

Produk dalam negeri ini akan bersaing dengan kompetitor itnernasional seperti Microsoft, Google, dan Apple.

Liputan6.com, Jakarta - Kantor berita Xinhua melaporkan bahwa Tiongkok akan memiliki sistem operasi (OS) sendiri mulai Oktober 2014. Produk dalam negeri ini akan bersaing dengan kompetitor internasional seperti Microsoft, Google, dan Apple.

Teknologi komputer menjadi persoalan yang menyulut emosi antara Tiongkok dan Amerika Serikat (AS), menyusul sejumlah laporan tentang keamanan cyber. Di sisi lain, Tiongkok sedang berusaha membantu industri domestik mengejar ketertinggalan dari OS impor seperti Windows dan Android.

Mengutip pernyataan pimpinan aliansi pengembangan OS, Ni Guangnan, Xinhua melaporkan bahwa OS buatan Negeri Tirai Bambu itu akan hadir di dekstop, lalu kemudian menyusul di smartphone dan perangkat mobile lainnya.

"Kami berharap untuk meluncurkan OS desktop buatan Tiongkok pada Oktober. Saat ini OS Tiongkok memang telah ada, tapi ada perbedaan yang besar antara teknologi Tiongkok dan negara-negara maju tersebut," tuturnya, sebagaimana dilansir Reuters, Senin (25/8/2014).

Dia berharap software buatan dalam negeri itu bisa menggantikan OS desktop dalam satu atau dua tahun ke depan. Sedangkan untuk OS mobile dalam tiga hingga lima tahun.

Tiongkok sendiri mulai membatasi penggunaan produk teknologi asing, salah satunya dengan melarang pemerintah menggunakan OS terbaru Microsoft, Windows 8, beberapa bulan lalu.

Menurut Guangnan, pemblokiran Windows 8 adalah peluang besar bagi sektor Tiongkok untuk mendukung produknya sendiri, tapi di sisi lain industri juga membutuhkan pengembangan lebih lanjut dan investasi.

"Menciptakan lingkungan yang memungkinkan kita bersaing dengan Google, Apple, dan Microsoft, adalah kunci keberhasilan," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Microsoft adalah salah satu perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates.

    Microsoft

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google
    Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler layar sentuh yang diciptakan oleh Google

    Android

  • OS

  • windows