Sukses

10 Perangkat Teknologi Jadul Era 70-an yang Bikin Kangen

Di tahun 70-an, keajaiban teknologi secara masal dihadirkan ke ruang-ruang keluarga para konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Era 70-an adalah salah satu masa emas bagi industri teknologi. Era komputasi dan video game rumahan bisa dibilang dimulai pada dekade ini.

Di tahun 70-an, keajaiban teknologi secara masal dihadirkan ke ruang-ruang keluarga para konsumen. Perangkat-perangkat teknologi yang awalnya hanya menjadi konsumsi korporat, telah direvolusi menjadi memasyarakat. Ya, 70-an adalah dekade modernisasi global, saat teknologi berangsur-angsur menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia.

Ada banyak produk teknologi inovatif yang diluncurkan pada era 70-an. Meski belum secanggih perangkat-perangkat teknologi yang hari ini beredar di pasaran, namun pada masa itu jajaran perangkat jadul (jaman dulu) tersebut mampu menghipnotis banyak konsumen.

Apa-apa saja perangkat teknologi yang populer di tahun 70-an? Berikut beberapa di antaranya yang mungkin kehadirannya kembali dirindukan banyak orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Apple II Computer

1. Apple II Computer

Para pencinta dunia teknologi pastinya tahu dengan komputer desktop Apple II yang dirilis pada tahun 1977. Komputer generasi kedua Apple buah tangan Steve Wozniak ini mampu menyajikan grafis 8-bit --seperti tampilan game jaman dulu-- yang pada masa itu dinilai sangat 'ajaib'.

Selanjutnya >>>

3 dari 11 halaman

Walkie Talkie

2. Walkie Talkie

Di tahun 1975 komunikasi jarak jauh masih mengandalkan telepon rumah (statis). Namun ada solusi bagi para pengguna yang membutuhkan mobilitas, yakni Walkie Talkie. Ya, Walkie Talkie sangat populer di tahun 70-an. Meski sebenarnya hingga saat ini masih digunakan oleh kalangan tertentu, khususnya oleh para aparat keamanan.

Selanjutnya >>>

4 dari 11 halaman

DynaTAC

3. DynaTAC

Perkenalkan DynaTAC, ponsel pertama di dunia yang dikembangkan oleh Motorola pada era 70-an. Meski pada faktanya DynaTAC baru dikomersilkan pada publik di tahun 1983, namun ponsel pertama di dunia ini sudah sangat populer dan dimiliki oleh kalangan tertentu di akhir tahun 70-an.

Selanjutnya >>>

5 dari 11 halaman

Commodore PET Computer

4. Commodore PET Computer

Commodore PET adalah salah satu komputer ikonik yang dirilis pada era 70-an. Komputer ini cukup kontroversial karena dicurigai mencontek konsep dari Apple II. Kehadirannya memang hanya berjarak 6 bulan dari perilisan Apple II.

Selain itu, Steve Jobs pun diketahui memang sempat menawarkan Apple II untuk dijual dengan brand Commodore.

Selanjutnya >>>

6 dari 11 halaman

Pulsar P-1

5. Pulsar P-1

Ini mungkin memang bukan bagian dari varian smartwatch. Namun Pulsar P-1 adalah jam tangan digital pertama di dunia yang dihadirkan dengan sangat indah. Pulsar P-1 dilapisi emas 18 karat di seluruh bagiannya.

Harganya pun fantastis, US$ 2.100 atau setara dengan Rp 24 juta di tahun 1972.

Selanjutnya >>>

7 dari 11 halaman

Atari 2600 - Pong

6. Atari 2600 - Pong

Hampir semua orang yang pernah hidup di tahun 1977 pasti tahu game berjudul 'Pong' yang dapat dimainkan di konsol game Atari 2600. Game ini tidak secanggih atau memiliki kualitas grafis seperti game-game masa sekarang, namun Pong dijamin lebih adiktif!

Selanjutnya >>>

8 dari 11 halaman

Sony Walkman

7. Sony Walkman

Didesain pada tahun 1978, purwarupa perangkat pemutar musik Sony Walkman langsung mencuri perhatian banyak orang. Padahal awalnya perangkat ini diciptakan bukan untuk tujuan komersil, melainkan hanya untuk memuaskan keinginan Co-chairman Sony Masaru Ibuka yang saat itu ingin mendengarkan musik di dalam pesawat terbang.

Selanjutnya >>>

9 dari 11 halaman

TRS-80 Computer

8. TRS-80 Computer

Penampilannya mungkin sangat jadul, malah lebih mirip dengan sebuah televisi tabung yang tidak menarik. Namun Anda perlu mengetahui bahwa TRS-80 adalah salah satu komputer desktop rumahan pertama yang memegang titel 'sejuta umat' di era 70-an. Konsumen sangat menyukai TRS-80.

Selanjutnya >>>

10 dari 11 halaman

Atari 800

9. Atari 800

Atari tidak saja bermain di industri game, melainkan juga di industri komputer pribadi. Di tahun 1979 mereka merilis komputer pribadi Atari 900 yang memiliki performa cukup mumpuni. Perangkat ini diketahui memiliki prosesor canggih yang menawarkan kualitas grafis jauh lebih baik dibanding Apple II ataupun Commodore PET.

Selanjutnya >>>

11 dari 11 halaman

Epson MX-80

10. Epson MX-80

Ini adalah printer yang dimiliki oleh hampir semua orang di era 70-an. Perusahaan sampai pengguna rumahan mengandalkannya. Satu lagi, suara Epson MX-80 sangat khas dan dirindukan oleh para mantan pemiliknya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini