Sukses

Berharap Jadi Kampus Dunia, Unair Pakai Cloud

Cloud computing diharapkan bisa membuat civitas akademika Unair lebih mudah mengakses informasi kampus.

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Airlangga tengah berusaha menggali potensi agar bisa masuk dalam daftar World Class University. Salah satu cara yang ditempuh ialah dengan melakukan integrasi ke dalam CyberCampus yang dimilikinya untuk memudahkan para civitas akademika. 

Integrasi CyberCampus yang dilakukan Unair itu memanfaatkan teknologi komputasi awan alias cloud computing. Layanan cloud Microsoft 365  dipilih untuk menghubungkan seluruh mahasiswa dan dosen Unair.

"Langkah kami menjadi world class university semakin mulus berkat kerjasama strategis dengan Microsoft yang implementasinya dibantu oleh Navcore," kata Prof. Dr. H. Fasich, Apt sebagai Rektor Universitas Airlangga.

Integrasi tersebut diklaim akan membuat seluruh civitas akademika Unair dapat mengakses informasi akademis, seperti materi perkuliahan, dari manapun secara online. Akses ke materi perkuliahan bagi mahasiswa di Indonesia maupun luar negeri diharapkan bisa semakin mudah.

"Teknologi cloud menjawab kebutuhan belajar jarak jauh melalui online learning dengan kualitas yang lebih baik, namun dengan biaya penyelenggaraan yang lebih terjangkau," ungkap Soegianto, Direktur Sistem Informasi Universitas Airlangga.

Pihak Microsoft sendiri mengaku dukungan dalam dunia pendidikan merupakan bagian kerangka national plan Microsoft untuk memajukan pendidikan nasional. Hal ini diungkapkan oleh Ruben Hattari, Direktur Corporate Affairs Microsoft Indonesia.

"Program ini adalah bagian dari corporate citizenship Microsoft untuk membantu mencapai visi masyarakat berbasis pengetahuan pada tahun 2025," papar Ruben dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (27/8/2014).

Layanan berbasis teknologi komputasi awan Microsoft 365 yang dipakai Universitas Airlangga diklaim bakalan membuat lebih dari 30 ribu mahasiswa dan 1.000 dosen serta tenaga kependidikannya terhubung langsung dengan berbagai informasi yang dimiliki kampus. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini