Sukses

Xiaomi <i>Kekeuh</i> Pasarkan Produknya Online di Indonesia

Trikomsel terpaksa mengikuti keinginan Xiaomi yang belum mau memasarkan produknya lewat jaringan retail di toko tradisional.

Liputan6.com, Jakarta - Ikut bermain di pasar Indonesia yang sedang jadi incaran banyak vendor ponsel dunia ternyata dianggap sebagai tantangan tersendiri bari Xiaomi. Pembuat ponsel asal China itu akan tetap menerapkan sistem penjualan online sebagai trik pemasarannya.

Co-Founder sekaligus Presiden Xiaomi, Bin Lin mengungkap, perusahannya masih memilih trik pemasaran via internet dalam menjual produknya. Dalam memasarkan handset Redmi 1S yang didapuk sebagai produk perdananya di Tanah Air, Xiaomi menggandeng e-commerce Lazada.

"Kita bekerjasama dengan Lazada untuk menangani pemesanan dari para peminat produk pertama Xiaomi di Indonesia. Sedangkan untuk proses impor kami bekerjasama dengan dua distributor besar yakni Trikomsel dan Erajaya," ungkapnya selepas acara peluncuran Xiaomi Redmi 1S.

Keputusan Xiaomi yang memilih trik pemasaran online diakui oleh Trikomsel. Distributor yang juga memiliki toko retail tersebut mengaku terpaksa mengikuti keinginan Xiaomi yang belum mau memasarkan produknya lewat jaringan retail di toko tradisional.

"Mereka maunya pakai jaringan online karena terbiasa untuk melakukan proses penjualan seperti itu. Padahal, Trikomsel juga punya toko retail fisik yang jaringannya sudah tersebar di seluruh Indonesia," ungkap Desmond Previn, Direktur Trikomsel.

Meski begitu, Desmond mengaku pihaknya tetap berusaha agar Xiaomi mau memasarkan produknya lewat retail fisik yang dimilikinya.

"Kita tetap usahakan biar Xiaomi mau memasarkan produknya lewat gerai retail Trikomsel yang sudah tersebar secara luas," jelas Desmond.

Xiaomi memang terkenal dengan cara penjualannya yang selalu mengandalkan internet. Di India, perusahaan asal Tanah Tiongkok itu meraup sukses dengan berhasil menjual 15 ribu handset Mi 3 dalam waktu 2 detik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.