Sukses

`Cuma 30% Aplikasi di Smartphone yang Dipakai`

Dari 95 aplikasi yang diinstal di handset Android, hanya sekitar 30%-nya saja yang sering digunakan oleh pengguna smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Android saat ini menjadi sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan pengguna smartphone dunia. Wajar saja bila kemudian aplikasi yang disediakan bagi handset berbasis Android sangat banyak dan bervariasi.

Sebuah riset menunjukkan bahwa rata-rata pengguna Android memiliki 95 aplikasi di ponselnya. Namun, hanya 35 aplikasi atau sekitar 30% dari total aplikasi yang diinstal yang biasa mereka gunakan dalam beraktivitas sehari-hari.

Data itu diungkap oleh Yahoo Aviate, sebuah aplikasi launcher yang bisa menawarkan kostumisasi di perangkat Android sesuai keinginan penggunanya. Aviate telah populer sebagai launcher app sebelum akhirnya dibeli Yahoo.

Menurut yang dilansir laman Phone Arena, sebenarnya data dari Aviate belum terlalu valid karena tidak semua pengguna Android memakai launcher app. Riset itu juga tak menyebutkan data seberapa besar 'rata-rata pengguna Android' yang dimaksudkan Yahoo Aviate.

Akan tetapi, jumlah download Aviate yang mencapai 1-5 juta menjadikan hasil analisa dari aplikasi launcher itu cukup menarik. Aviate mengungkap bahwa penggunaan aplikasi transportasi memuncak pada jam 08.00 dan 17.00, aplikasi cuaca pagi dan malam hari, media dan aplikasi video memuncak setelah makan malam.

Pengguna telepon, sms dan fitur komunikasi utama lainnya sebagian besar digunakan pada jam kerja. Lalu, bagaimana dengan penggunaan aplikasi di perangkat Android Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.