Sukses

Jaring Developer Lokal, XL Gandeng Komunitas Segitiga.net

Pengembang lokal diberi kesempatan menunjukkan prototipe game dan aplikasi digital karya mereka di acara Prototype Day.

Liputan6.com, Jakarta - Toko aplikasi digital milik PT XL Axiata Tbk, Gudang Aplikasi, tengah berusaha menambah jumlah konten yang disediakan di 'rak pajangannya'. Toko aplikasi itu kini tengah mengembangkan ekosistem dari pengembang konten lokal.

Salah satu upaya yang dilakukan Gudang Aplikasi ialah bekerjasama dengan Segitiga.net, sebuah komunitas masyarakat digital berbasis di Bandung. Keduanya menggelar acara Prototype Day bagi para komunitas developer lokal di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung.

Acara tersebut akan dijadikan acara rutin bulanan sebagai sarana para developer lokal untuk menunjukkan prototipe game dan aplikasi digital karya mereka. Revie Sylviana Andriani Dewi, Senior GM Digital Entertainment XL mengungkapkan ajang ini diharapkan bisa memfasilitasi mereka untuk menjalin relasi dan bertukar pikiran.

"Ke depannya Gudang Aplikasi berkomitmen untuk membangun sistem ekosistem digital di Indonesia, salah satunya dengan terus mendukung karya-karya kreatif anak bangsa, khususnya melalui layanan digital ini. Saat ini beragam konten digital dipenuhi berbagai developer baik dalam maupun luar negeri," ungkap Revie dalam keterangannya, Kamis (28/8/2014).

Pihak Segitiga.net sendiri mengaku kegiatan ini bisa menjadi wadah yang bagus bagi para pengembang lokal agar bisa berinteraksi dengan sesama pengembang. Selain itu, pengembang lokal akan terbantu supaya bisa lebih mudah memasarkan karya buatannya di Gudang Aplikasi.

"Saat ini para developer lokal mengalami kesulitan untuk dapat masuk ke pasar app store dan menjual karya-karya mereka. Dengan adanya Gudang Aplikasi, kini developer lokal dapat dengan mudah memasarkan inovasi konten mereka, memegang peran besar sekaligus memajukan konten-konten lokal di Indonesia," ujar Adieb, Editor-in-Chief Segitiga.net.

Layanan toko aplikasi itu mengaku akan memudahkan para pelaku industri kreatif digital di Indonesia dalam mempublikasikan karya mereka ke masyarakat. Nantinya acara bulanan ini akan rutin digelar di sejumlah daerah lain, diantaranya Bandung, Depok, dan Jogjakarta.

Gudang Aplikasi saat ini mengaku telah punya lebih dari 500 ribu pelanggan dan menyediakan 9.000 konten, aplikasi, serta game yang didukung oleh 100 developer. Sekitar 30 developer lokal telah menjalin kerjasama ekslusif dan menyediakan 74 aplikasi lokal dan game khusus. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini