Sukses

Onno Center Cerdaskan Rakyat Lewat Blusukan Online

Para penggagas Onno Center sepakat bahwa Indonesia memerlukan organisasi yang bisa menampung ide dan gagasan Onno W. Purbo.

Liputan6.com, Jakarta - Bicara tentang perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia, permasalahan yang ada tidak melulu bersumber pada masalah pendanaan di sektor infrastruktur saja. Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu investasi terpenting yang kerap luput dari perhatian. 

Atas dasar itu, para penggerak TIK dari berbagai kalangan, mulai dari praktisi, pelaku industri, akademisi, hingga profesional mencetuskan Onno Center, sebuah pusat kegiatan TIK yang menjadikan pakar teknologi dan informasi Indonesia, Onno W. Purbo, sebagai ikon.

Para penggagas Onno Center sepakat bahwa Indonesia memerlukan organisasi yang bisa menampung ide, gagasan, penelitian, kreatifitas, inovasi, serta hasil karya Onno sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa Indonesia.

"Sebetulnya pusat kegiatan seperti ini sudah ada sejak lama. Dulu namanya sempat pakai Onno Development Center (ODC), lalu berubah jadi One Development Center, dan sekarang atas dukungan banyak pihak kita luncurkan kembali dengan nama Onno Center," ungkap Onno W. Purbo yang ditemui di Jakarta.

Sementara itu menurut Soegiharto Santoso selaku Direktur PT Masterdata dan salah satu pencetus Onno Center mengungkapkan, "Kami menilai Kang Onno sebagai tokoh nasional yang secara konsisten terus berinovasi di bidang TIK bagi kepentingan rakyat banyak. Dengan Onno Center usaha itu bisa diperluas sehingga dampak dan manfaat yang dihasilkan lebih masif."

Bidang-bidang utama yang akan diprioritaskan oleh Onno Center adalah pengembangn internet desa, percepatan implementasi internet sekolah, pengembangan sistem operasi berbasis open source, pengembangan openBTS, dan masih banyak lagi yang mengedepankan kontribusi besar bagi rakyat Indonesia.

Salah satu langkah nyata yang telah dilakukan oleh Onno Center adalah bekerjasama dengan Genta Foundation Cyberpreuneur untuk melakukan kegiatan 'Blusukan Online'. Blusukan Online adalah webinar (seminar berbasis web) yang melibatkan lebih dari 500 peserta di berbagai penjuru Indonesia untuk bersama-sama melakukan seminar interaktif secara online.

Ke depannya Onno Center merencanakan rangkaian roadshow seminar ke sejumlah kota dengan beragam materi TIK yang akan disampaikan.

Sebelum Onno Center berdiri, kegiatan-kegiatan seperti ini sebenarnya sudah menjadi 'makanan sehari-hari' Onno. Onno diketahui memang cukup militan mencerdaskan rakyat di sektor TIK. Beliau adalah otak di balik pengembangan program RT/RW-Net, jaringan komputer swadaya masyarakat agar masyarakat dapat menikmati internet murah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini