Sukses

Xiaomi Ungkap Strategi Rahasia Perusahaan

Meski baru 4 tahun berdiri, Xiaomi cukup memikat pasar smartphone dunia dengan produk murah berspesifikasi tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi kerapkali sukses mendulang angka penjualan produk dalam waktu yang singkat. Kesuksesan dalam menjaring pembeli itu membuat produk perusahaan asal Tiongkok itu menjadi sangat menarik untuk dinantikan.

Xiaomi terkenal dengan harga perangkat murah dan spesifikasi yang terbilang tinggi. Hal itu diakui pihak perusahaan karena mereka terbiasa untuk menerima masukkan dari para anggota forum yang disediakannya sebagai proses memperkuat fitur yang ada di produk buatannya, baik dari segi hardware maupun software.

"Xiaomi memiliki forum dengan anggota yang sangat aktif hampir dari seluruh dunia. Saat ini forum Xiaomi sudah memiliki lebih dari 28 juta member aktif dengan total posting mencapai lebih dari 204 juta. Mereka cukup aktif memberi masukkan untuk produk buatan kami," kata Bin Lin, Co-Founder dan Presiden Xiaomi di Jakarta.

Mantan pegawai Google dan Microsoft tersebut pun mengungkapkan kebahagiannya atas dukungan yang diberikan anggota forum MIUI kepada Xiaomi.

"Di forum ini mereka terbiasa untuk berdiskusi, memberi masukkan dan kritik yang sangat membantu kami dalam membangun produk yang akan disediakan ke pasar," tambah Bin Lin.

Pria berkacamata tebal itu juga mengakui bahwa pihak riset dan pengembangan produk di Xiaomi ikut memantau dari aktivitas anggota forum.

"Kritikan pedas yang kerapkali dilontarkan di forum membuat mereka tahu apa saja yang seharusnya mereka hadirkan di produk Xiaomi," tandas Bin Lin.

Vendor ponsel yang baru berdiri 4 tahun itu pun mengaku perusahaannya cukup ketat dalam mengalokasikan dana untuk marketing dan iklan. Perusahaannya lebih memilih membuat kampanye viral dengan melibatkan produknya agar lebih dikenal oleh pengguna internet dengan biaya yang jauh lebih kecil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.