Sukses

Sederet Perangkat Rumahan Ini Dilarang Beredar?

Putusan ini akan berlangsung menyusul keputusan dilarangnya penggunaan vacuum cleaner yang menguras energi listrik.

Liputan6.com, Pengering rambut bertenaga tinggi, mesin pemotong rumput, dan ceret bakal dilarang perederannya oleh Uni Eropa. Hal ini akan berlangsung menyusul keputusan dilarangnya penggunaan vacuum cleaner yang menguras energi listrik.

Komisaris Energi, Günther Oettinger, mengatakan bahwa keputusan ini diambil karena Komisi Uni Eropa ingin mengurangi konsumsi energi sebesar 30 persen pada tahun 2030 mendatang.

"Kami ingin mengurangi konsumsi daya. Oleh karena itu perlu penggunaan peralatan elektronik dengan konsumsi listrik yang lebih kecil," kata Günther, seperti dikutip dari laman Mirror, Minggu (31/8/2014).

Namun, wakil partai politik UK Independence Party (UKIP), Paul Nuttall mengacam langkah itu dengan mengatakan: "Hal ini dilakukan atas nama mengatasi perubahan iklim, tetapi kenyataannya hanya akan membuat kehidupan rumah tangga semakin sulit." 

"Saya rasa masyarakat semakin pintar dan dapat memutuskan mana pengering rambut, ketel atau vacuum cleaner yang ingin mereka beli tanpa harus diganggu oleh keputusan yang tak masuk akal itu," tambah Nuttall.

Sementara itu, sebuah studi untuk Komisi Eropa menemukan kekuatan pengering rambut yang memiliki konsumsi listrik 30 persen lebih hemat. Mark Coray, mantan presiden Federasi Penata Rambut National mengatakan bahwa ia terkesan dengan pengering rambut rendah watt itu.

Pun demikian, aturan baru tersebut akan berlangsung mulai minggu depan, yang mana vacuum cleaner dengan motor listrik di atas 1.600 watt tidak diperbolehkan untuk diimpor di kawasan Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini