Sukses

Game Baru Penerus Flappy Bird Dituduh Hasil Nyontek

Mengusung konsep permainan 'menyebalkan' khas Flappy Bird, Swing Copters pun dilaporkan mampu menarik minat para pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Dong Nguyen, pengembang aplikasi asal Vietnam yang tersohor berkat Flappy Bird belum lama ini diketahui merilis game anyar berjudul Swing Copters pada 21 Agustus 2014 lalu.

Mengusung konsep permainan 'menyebalkan' khas Flappy Bird, Swing Copters pun dilaporkan mampu menarik minat para pengguna perangkat Android dan iOS. Kini Swing Copters sudah berhasil 'nonkrong' di posisi ke 10 daftar aplikasi gratis terpopuler di Google Play Store.

Namun sayang, belum lama beredar game anyar ini sudah menuai kotroversi karena dituduh merupakan hasil contekan dari game mobile lainnya.

Sebuah studio pengembang aplikasi bernama Open Name telah mengirimkan email terbuka kepada sejumlah situs dan blogger teknologi. Mereka menyebutkan bahwa Swing Copters milik Nguyen telah secara terang-terangan menjiplak game besutan mereka yang berjudul Bog Racer.



Dong Nguyen pun tak tinggal diam menerima tuduhan tersbut. Dilansir laman Pocket Gamer, Senin (1/9/2014), pengembang game asal Vietnam itu telah mengirimkan email tanggapan, dan memberikan sanggahannya.

"Proyek Swing Copters bukan baru, tapi sudah ada sejak Februari 2014 dengan nama Kitty Jetpack pada waktu itu. Sebagai bukti, Anda bisa melihat screenshot-nya di majalah Rolling Stone yang diterbitkan Maret 2014," tulis Nguyen.

"Saya yakin ini hanyalah sebuah kebetulan yang biasa terjadi antar dua game yang menggunakan mekanisme yang sama. Tapi jika kita melihat aspek lain, kedua game ini benar-benar berbeda," lanjut Nguyen.

Kesamaan antara Swing Copters dan Bog Racer sendiri sebenarnya terasa pada sektor gameplay dan kontrol permainan. Namun dari sisi grafis dan visual tidak ada persamaan sama sekali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini