Sukses

5 Pelajaran Penting dari Tersebarnya Foto Bugil Artis

Jika Anda mempunyai foto bugil, berpikirlah dua kali sebelum menyimpannya di layanan penyimpanan awan (cloud).

Liputan6.com, Jakarta - Foto bugil artis ternama di dunia bocor di internet. Foto-foto itu kabarnya dicuri oleh seseorang dengan cara membobol layanan penyimpanan online iCloud milik Apple.

Sejumlah artis yang menjadi korbannya antara lain Jennifer Lawrence, Kate Upton, serta sejumlah bintang Hollywood lainnya seperti Victoria Justice, Ariana Grande, dan Mary Elizabeth. Juru bicara Lawrence bahkan mengakui bahwa foto yang disebar itu benar milik Lawrence, yang diduga dicuri dari akun iCloud-nya. 

[Baca: Hacker Curi Foto Bugil Jennifer Lawrence dan Kate Upton] 

Bagaimanapun, kasus pencurian foto ini merupakan kejahatan serius dan pelanggaran privasi. Ada beberapa pelajaran penting yang bisa kita petik dari kejadian ini.

1. Terlepas dari apakah para selebriti tidak melindungi account mereka dengan baik atau memang ada celah keamanan di iCloud, namun jika Anda mempunyai foto bugil, berpikirlah dua kali sebelum menyimpannya di layanan penyimpanan awan (cloud).

Pasalnya, penyedia layanan cloud  sering dijadikan target. Hacker tahu bagaimana cara menyusup ke layanan cloud, mereka tahu bahwa selebriti dan perusahaan memiliki file penting. Dan hacker tahu mereka bisa mencari keuntungan finansial dari situ.



Selain itu, tidak ada yang bisa menjamin bahwa semua file yang Anda simpan di cloud akan terjamin keamanannya. Mantan agen NSA, Edward Snowden beberapa waktu lalu pernah mengklaim bahwa anggota NSA sering berbagi foto bugil yang mereka kumpulkan dari kegiatan pengawasan online yang mereka lakukan.

Jadi, meskipun penyedia layanan cloud yang Anda gunakan lebih profesional dalam menangani keamanan, Anda tetap harus menyadari kemungkinan resikonya, dan hacker lebih banyak mencuri file dari layanan cloud daripada komputer di rumah Anda.

Selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Jika Anda harus menyimpan file-file penting Anda di layanan cloud, jangan lupa dienkripsi. Namun jangan menggunakan tools enkripsi yang disediakan penyedia cloud. Sebab jika hacker meng-hack layanan itu, mereka dapat memperoleh akses untuk mendekripsinya jika sistem dekripsinya ada di layanan itu.

3. Pastikan untuk mengamankan akun Anda dengan benar. Gunakan password yang kuat. Hindari menggunakan password yang sama untuk banyak layanan. Sebab jika salah satu layanan Anda dihack, bisa jadi layanan Anda yang lain akan ikut terkena karena passwordnya sama.

4. Cobalah pertimbangkan, jika Anda menyimpan foto bugil di cloud lalu foto itu bocor, kemungkinan bocornya foto-foto itu akan berdampak buruk pada karir atau hubungan Anda.

5. Pastikan untuk tidak berbagi (men-share) foto/video yang Anda sendiri tidak ingin publik melihatnya. Ingat, foto atau video yang Anda posting di Internet dapat dikonsumsi publik dan akan online selamanya.

Tempat terbaik untuk menyimpan file-file yang penting dan sensitif adalah di komputer yang tidak terhubung ke internet. Namun file tersebut tetap harus dienkripsi dan dilindungi password.

Baca juga:
Hacker Juga Curi Foto Bugil Kim Kardashian
Foto Bugil Seleb Disebar Hacker, Ini Daftar Korbannya
Hacker Curi Foto Bugil Jennifer Lawrence dan Kate Upton

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini