Sukses

Kemenag Luncurkan Aplikasi Khusus Ibadah Haji

Kementerian Agama mencoba mengintegrasikan teknologi di perangkat mobile untuk mempermudah para jemaah yang melaksanakan ibadah haji.

Liputan6.com, Jakarta - Musim haji telah tiba, jemaah haji dari Indonesia bersiap berangkat ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah tersebut. Kementerian Agama (Kemenag) merilis aplikasi khusus ibadah haji untuk mempermudah para jemaah melaksanakan ibadah tersebut.

Aplikasi manasik haji dan umroh ini bisa digunakan di perangkat mobile  seperti smartphone dan tablet. Para jemaah haji asal Tanah Air yang mulai berangkat dari tanggal 1 September 2014 diharapkan dapat lebih mudah mengakses info seputar haji.

Aplikasi yang merupakan kerjasama Kemenag dan Pusat Kajian Hadis tersebut secara resmi tersedia untuk pengguna perangkat mobile berbasis Android. Berbagai bentuk panduan digital yang berasal dari buku manasik terbitan Kemenag sudah tersedia di aplikasi mobile itu.

Seperti yang diwartakan Antara, aplikasi itu memberikan informasi yang cukup lengkap sebagai panduan bagi jamaah haji. Selain itu ada pula tambahan gambar dan audio yang dapat membuat para jemaah lebih mudah dalam mengakses info dan panduan dalam beribadah haji.

Secara detil, aplikasi ini berisi bab besar mengenai Ketentuan dan Hikmah Haji/Umrah, Pelaksanaan Manasik Haji dan Umrah, Prosedur Perjalanan Ibadah Haji dan Umrah, Doa dan Dzikir, Tanya Jawab Manasik Haji dan Umrah.

Bahkan, tambahan informasi terkait informasi seputar tempat ziarah di Tanah Suci juga tersedia secara lengkap di aplikasi yang baru diluncurkan Kemenag tersebut. aplikasi itu juga menyajikan informasi mengenai tempat ziarah di Tanah Suci.

Akan tetapi, ketika dicoba pada smartphone lokal aplikasi ini masih terbilang belum sempurna. Saat masuk ke artikel atau materi, seringkali tidak bisa langsung kembali ke menu sebelumnya. Pengguna harus kembali lagi ke menu utama jika ingin melihat artikel lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini