Sukses

Siapa Hacker di Balik Penyebar Ratusan Foto Bugil Artis?

Hamade dituduh setelah pada akun pribadi miliknya ditemukan sederet foto bugil artis milik Jannifer Lawrence.

Liputan6.com, Jakarta - Segera setelah tersebarnya kabar pencurian ratusan foto bugil artis yang tersimpan di iCloud tersebar, sebagian besar pengguna internet berusaha menyelidiki dan mencari tahu siapa hacker yang bertanggung jawab atas aksi tersebut. 

Dan belakangan tuduhan mengarah pada seorang pengembang web asal Amerika Serikat bernama Bryan Hamade (26). Tuduhan ini tentunya bukan tanpa alasan.

Hamade dituduh oleh para pemilik akun media sosial Reddit dan 4chan setelah pada akun pribadi miliknya ditemukan sederet foto-foto syur milik artis Jannifer Lawrence. Ia bahkan sempat menjajakan foto-foto tersebut kepada para pemilik mata uang virtual Bitcoin.

Lebih lanjut laman Business Insider, Selasa (2/9/2014) melaporkan, akun Reddit milik Hamade, BluntMastermind, mengaku memiliki 100 foto bugil milik artis-artis papan atas dunia. Ia menjualnya dengan banderol US$ 100 per nama artis.


Meski begitu, Hamade membantah bahwa dirinya adalah hacker yang bertanggung jawab atas pencurian foto-foto tersebut dari layanan iCloud. Hamade mengaku mendapatkannya dari berbagai sumber di internet dan berusaha menjualnya.

Walaupun sempat mengaku sebagai hacker asli yang mencuri foto-foto tersebut, namun hal itu ia lakukan hanya untuk meyakinkan para calon pembeli di media sosial Reddit.

"Saya bukan orang yang bertanggung jawab atas kejadian ini. Aku memang sempat berbohong pada seseorang di Reddit agar mereka jadi membeli dan aku mendapatkan keuntungan Bitcoin," ungkap Hamade kepada MailOnline.

"Aku bukan pembocor yang asli. Yang asli adalah pria yang mem-posting-kan pengakuan di situs 4chan," sambungnya.

Jenna Bennet, ibu dari Hamade yang tinggal di Atlanta, AS, mengatakan bahwa anaknya kini sedang mencari perlindungan dan bantuan hukum dari pengacara terkait tuduhan pencurian foto bugil artis tersebut. Pernyataan resmi dan konfirmasi lanjutan dari sang anak dijanjikan akan segera dirilis didampingi pengacara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.