Sukses

Cara Google Amankan Foto Bugil Pengguna dari Hacker

Khawatir foto pribadi para pengguna diusili hacker, Google pun menawarkan sebuah fitur keamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari belakangan ini kita dihebohkan oleh kabar pencurian foto bugil ratusan artis ternama dunia yang tersimpan di layanan komputasi awan Apple iCloud. Khawatir para penggunanya mengalami nasib serupa, Google pun menawarkan sebuah fitur keamanan baru yang sangat disarankan untuk sesegera mungkin diaktifkan oleh para pemilik akun layanan Google.

Berikut adalah 7 langkah aktivasi fitur keamanan otentifikasi 2 langkah di layanan Google: 

1. Masuk ke dalam laman 'Setting' akun Google

Google account

2. Klik menu 'Security'

Google security

3. Klik di menu 'Password' dan pilihan '2-Step Verification'

Google 2 step

4. Laman berikutnya akan meminta Anda untuk memasukkan nomor ponsel aktif untuk dikirimkan kode otentifikasi khusus.

Google phone code

5. Google akan mengirimkan kode otentifikasi pada ponsel Anda, lalu masukkan kode tersebut pada boks yang tersedia di dalam laman.

Google phone verify

6. Google kemudian akan meminta Anda untuk memverifikasi bahwa komputer yang Anda gunakan aman dari virus ataupun malware.

Google trusted computer

7. Dan pada akhirnya, Anda akan ditanya apakah ingin mengaktifasi fitur keamanan otentifikasi 2 langkah? Klik 'Confirm'.

Google 2-factor confirm

Patut dicatat, fitur keamanan ini belum dapat digunakan bagi para pengguna layanan Gmail di perangkat berbasis iOS (iPhone dan iPad).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.