Sukses

Single Anyar DJ Calvin Harris Pecahkan Rekor Spotify

Layanan streaming musik Spotify mengungkapkan bahwa single anyar DJ Calvin Harris yang bertajuk 'Summer' telah memecahkan rekor dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan streaming musik Spotify mengungkapkan bahwa single anyar DJ Calvin Harris yang bertajuk 'Summer' telah memecahkan rekor, di mana lagu yang dirilis pada Juni 2014 itu telah didengar lebih dari setelah penggunanya streaming lagu lebih dari 160 juta kali.

Dalam rekor ini Harris mengalahkan Ariana Grande dan Iggy Azalea dengan single `Problem` yang sebelumnya berada di posisi teratas pada chart Spotify. Namun Spotify tidak menyebutkan berapa nilai royalti yang diperoleh Harris.

Sebelumnya, Spotify menginformasikan pembayaran royalti pada tahun 2013, dengan rata-rata nilai bayaran per streaming antara US$ 0,006 dan US$ 0,0084.

Dilansir Guardian, Minggu (7/9/2014), jumlah tersebut mencakup pembayaran kepada label, publisher, dan distributor yang kemudian berlanjut ke penyanyi dan penulis lagu.

Dari statistik yang ditampilkan Spotify, single `Summer` milik Harris telah diputar sebanyak 160.753.376 kali. Bila dihitung secara rinci, Harris meraup keuntungan antara US$ 964 ribu atau sekitar Rp 11,3 miliar dan U$ 1, 3 jutaan atau sekitar Rp 15,9 miliar.

Secara keseluruhan, penjualan download lagu `Summer` tidak diketahui. Angka di atas juga belum termasuk pembayaran untuk streaming di YouTube dan layanan streaming lainnya.

Calvin Harris sendiri terpilih sebagai DJ (Disc Jockey) dengan pendapatan terbesar di dunia versi majalah Forbes. Pendapatan Harris diprediksi mencapai US$ 66 juta atau sekitar Rp 779 miliar. Pendapatan itu dihasilkan dari sekitar 50 tur di seluruh dunia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini