Sukses

Bandai Optimis Animasi Aikatsu! Sukses di Indonesia

Proyek Aikatsu! di Indonesia diharapkan mendapat respon baik dan mendongkrak hasil penjualan produk secara keseluruhan.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan video game dan mainan asal Jepang, Bandai Company Limited (Bandai), membawa salah satu produknya ke Indonesia yaitu Aikatsu!. Proyek Aikatsu! ini diharapkan mendapat respon baik dan mendongkrak hasil penjualan produk untuk Bandai.

Bagi para penggemar tokoh animasi Jepang, mungkin sudah tak asing lagi dengan Aikatsu!. Bandai mengklaim bahwa tokoh Aikatsu! sangat populer di Negeri Sakura, dan tak hanya hadir dalam bentuk tokoh serial TV animasi. Tapi juga dalam bentuk permainan kartu digital, merchandise, aplikasi smartphone, serta fan book

Aikastu! disebut juga sebagai Idol Katsudi atau aktivitas idola. Ini adalah sebuah kisah yang bercerita tentang semangat seorang gadis untuk mewujudkan mimpinya menjadi seorang idola terkenal.

Deputy General Manager, Card Business Department Bandai, Masashi Harada, mengatakan bahwa kehadiran proyek Aikatsu! ini untuk menyenangkan anak-anak kecil, termasuk di Indonesia. Karena itu, untuk serial TV agar lebih mudah dipahami maka semua tokoh yang ada di Aikatsu! menggunakan bahasa Indonesia.

Lebih lanjut, katanya, agar pengalaman bermain menjadi lebih menyenangkan maka Aikatsu! hadir dalam berbagai wujud, salah satunya kartu digital. Namun untuk kartu digital baru akan hadir pada bulan depan dan mesin-mesin permainannya akan diletakkan di berbagai mall.

Harada pun membantah penilaian bahwa kartu digital adalah bentuk permainan yang tidak edukatif. "Untuk memainkannya memang harus mengeluarkan uang, tapi permainan ini bisa menjadi alat komunikasi. Seperti di Jepang, banyak anak-anak yang saling bertukar kartu," ungkapnya di JKT 48 Theater, fX Lifestyle X'enter, Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Untuk di Jepang, penjualan kartu digital Aikatsu! sendiri sudah mencapai sekira 110 juta unit dalam waktu satu setengah tahun sejak pertama kali diluncurkan. Sedangkan total penjualan dari keseluruhan produk yang berkaitan dengan Aikatsu! mencapai 16 miliar Yen Jepang per Maret 2014.

Perusahaan pun berharap kehadiran Aikatsu! di Indonesia dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan untuk pertumbuhan penjualan. Kendati demikian, kata Harada, target pendapatan belum menjadi fokus utama.

"Karena Aikatsu! baru hadir di Indonesia, maka kami belum fokus untuk target pendapatan. Yang terpenting adalah kepuasan dari anak-anak, apakah mereka senang dengan produk kami. Setelah itu biasanya penjualan akan menyusul dan tentu saja akan berdampak dalam pertumbuhannya," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini