Sukses

`Ponsel Nokia Jadul Masih Lebih Baik Dibanding iPhone 6`

Nokia N95 yang pertama kali dirilis pada September 2006 silam dinilai tidak kalah mumpuni dibanding iPhone 6.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap tahunnya selalu ada smartphone baru yang diluncurkan, salah satunya iPhone 6. Smartphone-smartphone anyar ini muncul dengan segala keunggulan teknologi dan fitur-fitur inovatif. Smartphone lawas dengan mudah dilupakan meskipun sebenarnya smartphone lawas itu memiliki performa mumpuni.

Pada saat meluncurkan iPhone 6, dengan segala pembaruannya baik di sektor desain maupun performa, Apple mengklaim iPhone 6 adalah smartphone terbaik yang pernah mereka rilis. Selain iPhone 6, beberapa waktu sebelumnya Samsung pun telah lebih dulu memperkenalkan phablet Galaxy Note 4. Lalu tahun ini Motorola juga memperkenalkan Moto X terbaru.

Namun menurut jurnalis situs teknologi The Verge, Chris Ziegler, iPhone 6, Galaxy Note 4, ataupun Moto X bukanlah smartphone terbaik. Bahkan ketiganya dinilai masih kalah dibandingkan ponsel fitur lawas besutan Nokia.

Laman The Verge, Sabtu (13/9/2014) melansir, Ziegler menuliskan bahwa Nokia N95 yang pertama kali dirilis pada September 2006 silam tidak kalah mumpuni dibanding 3 smartphone unggulan di era modern tersebut. 



Nokia N95 berjalan di atas platform Symbian yang sangat berjaya pada masanya, mungkin memiliki pasar yang setara dengan Android sekarang, dan pasarnya jauh lebih besar dibandingkan iOS sekarang.

Lalu desainnya mengusung konsep slider dua arah yang sangat inovatif. Geser ke kiri maka pengguna akan menemukan keyboard fisik, dan geser ke kanan maka pengguna akan menemukan tombol-tombol khusus untuk menavigasi fitur multimedia.

N95 juga sudah mendukung frekuensi 3G, GPS, Wi-Fi, dan konektivitas headphone 3,5 mm. Dan di sektor kamera, N95 memiliki kamera utama beresolusi 5MP yang luar biasa, dan sudah dilengkapi pula dengan fitur autofocus dan flash.

Nokia N95 adalah ponsel terbaik sebelum era iPhone dan smartphone Android. Dan menurut Ziegler, teknologi dan fitur yang ada pada N95 diadopsi pada smartphone-smartphone unggulan terbaru, seperti iPhone 6, Galaxy Note 4, dan Moto X.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.