Sukses

Sebelum Twitpic Tutup, Backup Foto Anda dengan Cara Ini

Sebelum layanan Twitpic benar-benar ditutup, ada baiknya untuk mem-backup semua foto Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Per tanggal 25 September 2014, Twitpic dikabarkan akan menutup layanan berbagi gambarnya. Perusahaan milik Noah Everett itu memilih menutup bisnisnya daripada memberikan merek dagangnya kepada Twitter.

Jika Anda telah menggunakan layanan Twitpic selama bertahun-tahun untuk berbagi gambar Anda ke Twitter, ada baiknya untuk mem-backup semua foto Anda sebelum Twitpic benar-benar sudah tidak tersedia.

Pengguna yang hanya memiliki sedikit foto di Twitpic mungkin hanya cukup membuka masing-masing foto dan kemudian klik kanan untuk menyimpan salinan cadangan. Namun, jika Anda telah berbagi ratusan atau bahkan ribuan foto selama bertahun-tahun, sepertinya Anda harus menggunakan utilitas cadangan yang Twitpic tawarkan.

Mengutip laman Cnet, Senin (15/9/2014), berikut ini adalah caranya.

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

NEXT

Tiga langkah sederhana

Langkah 1
: Kunjungilah situs Twitpic dan log-in dengan akun Twitter Anda. Klik link `Setting' di sudut kanan.



Langkah 2: Gulir ke bawah sampai Anda melihat tombol `Request Your Data` - kemudian klik tombol tersebut.

Langkah 3: Setelah data siap untuk di-download (dalam format ZIP), Anda akan melihat link `Download Now`.

Jika Anda memiliki ratusan foto, link download akan muncul sekitar satu jam kemudian. Tidak ada informasi waktu perkiraan, sehingga Anda harus sedikit bersabar.

Selanjutnya>>>

3 dari 3 halaman

NEXT

Masalah merek dagang

Twitpic secara mengejutkan mengumumkan akan menutup layanannya per tanggal 25 September 2014. Pengumuman ini disampaikan perusahaan setelah bersengketa merek dagang kepada Twitter.

Bagi Twitpic, menyerahkan merek dagang kepada Twitter akan membuat mereka merugi. Mereka lebih memilih untuk bisa terus bekerja tanpa merek dagang daripada melihat merek dagang mereka dipakai oleh orang lain.

Langkah yang diambil Twitpic tentu membuat Twitter kecewa. "Menyedihkan melihat Twitpic segera tutup," tulis Twitter. Situs microblogging itu juga mengungkapkan, layanan berbagi gambar Twitpic sebenarnya sudah cukup baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.