Sukses

CEO Apple: iPhone 6 Tidak Contek Samsung

Tim Cook mengatakan semua yang ada pada iPhone 6 telah dipikirkan secara matang, bukan sekadar meniru atau mengikuti tren di pasaran.

Liputan6.com, Cupertino - CEO Apple, Tim Cook, menyanggah tuduhan Samsung yang menyatakan bahwa iPhone 6 telah mencontek inovasi dan teknologi yang disematkan pada varian Galaxy Note. Pada sebuah acara talk show televisi Charlie Rose yang berlangsung akhir pekan kemarin, Cook berbicara panjang lebar berusaha meluruskan berbagai tanggapan miring terkait iPhone 6.

Dalam sebuah segmen, Cook ditanya mengapa Apple baru sekarang merilis smartphone berlayar besar, padahal produsen perangkat Android sudah memulai tren ini sejak tiga tahun lalu. Ia pun diminta untuk menjelaskan apakah benar iPhone 6 meniru inovasi Samsung Galaxy Note.

Cook pun menjawab, "Jujur saja, kami (Apple) sebenarnya sudah bisa merilis iPhone dengan layar besar di tahun 2013 kemarin. Kami tidak meniru, dan ini bukan hanya tentang membuat ponsel dengan layar lebih besar. Ini adalah tentang membuat ponsel yang lebih baik di berbagai sisi."

Lebih lanjut ia menjelaskan, Apple ingin layar, baterai, dan software yang disematkan pada iPhone 6 dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan sebelum sampai ke tangan pengguna. Semua yang ada pada dua varian iPhone terbaru, diklaim telah dipikirkan secara matang, bukan sekadar meniru atau mengikuti tren di pasaran.

Menurut yang dilansir laman Business Insider, Senin (15/9/2014), pernyataan Cook merupakan sebuah sanggahan dan pembelaan diri atas berbagai tanggapan miring yang menyerang iPhone 6 dan iPhone Plus. Akan tetapi, sayangnya apa yang dinyatakan Cook tersebut justru memperlihatkan bagaimana Apple kini telah mengamini keunggulan inovasi Samsung yang lebih dulu mengusung layar besar.

Di tahun 2012 lalu, pada acara konferensi AllThingsD, Cook juga sempat ditanyakan kenapa Apple tidak merilis iPhone berlayar besar. Kala itu Cook menjawab bahwa iPhone 4S yang menggunakan layar 3,5 inci sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Pengguna tidak butuh ponsel berlayar besar menurutnya dulu.

Namun kini, dirilisnya iPhone 6 Plus dengan layar 5,5 inci memperlihatkan Apple kini yang sudah 'sepaham' dengan Samsung. Apple tampaknya sudah mengamini bahwa penggunaan layar besar kini adalah salah satu kebutuhan vital bagi pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini