Sukses

Dalang Penyebar Foto Bugil Ratusan Artis Terungkap!

John Randall Meneses, pria asal Las Vegas telah terbukti sebagai administrator forum yang menjadi tempat persebaran foto bugil artis.

Liputan6.com, New York - Di awal bulan September ini jagat maya dihebohkan dengan beredarnya foto bugil ratusan artis papan atas Hollywood yang berhasil dicuri hacker dari layanan Apple iCloud. Sejumlah nama mentereng selebriti cantik seperti Jennifer Lawrence, Kate Upton, Rihanna, Selena Gomez, Ariana Grande, dan masih banyak lagi yang lainnya menjadi korban.

Hingga saat ini, pihak FBI masih melakukan investigasi dan memburu hacker yang bertanggung jawab atas beredarnya foto-foto pribadi milik ratusan artis tersebut. Namun sayang, sejauh ini hasil penyelidikan belum menemukan titik terang.

Akan tetapi kerja FBI tentunya bukan tanpa hasil. Laman Mirror, Selasa (16/9/2014) melaporkan, pihak FBI telah mengetahui siapa pemilik dan administrator sub-Reddit -- kategori forum khusus di jejaring sosial Reddit -- The Fappening, yang diketahui sebagai media utama persebaran foto bugil ratusan artis.

Adalah John Randall Meneses, seorang pria asal Las Vegas yang telah terbukti sebagai administrator sub-Reddit The Fappening. Ia pun kini menyandang predikat tersangka karena hasil penyidikan menunjukkan bahwa pria berusia 33 tahun ini adalah pihak pertama yang mem-posting dan membagi-bagikan foto-foto bugil artis di jejaring sosial Reddit.



Meski begitu, Menesess mengaku dirinya tidak bersalah. Ia mengklaim hanya mem-posting link foto yang ia dapat dari sumber lain, yakni situs forum 4chan dan AnonIB. Hal ini menurut Menesess adalah hal yang wajar, karena sudah lumrah dilakukan oleh para pengguna jejaring sosial.

Selain itu, Menesess juga dengan tegas menyatakan bahwa ia tidak mebagi-bagikan foto itu ke jutaan orang. Tetapi para pengguna Reddit lainnya lah yang menyebarkan foto-foto tersebut.

"Saya tidak berbagi konten dengan jutaan orang, sub-Reddit saya (The Fapenning) juga baru saja dibuat. Pengunjungnya baru sedikit," terang Menesess.

Menesess sendiri kini menjadi begitu populer di dunia maya. Para pengguna internet, khususnya para pengguna jejaring sosial Reddit bahkan memberinya julukan 'Cyber Warior' atau 'Pejuang Cyber'.

Bagaimanapun, Menesess bukanlah hacker yang menjadi pelaku utama pencurian foto-foto bugil ratusan artis dari layanan iCloud. Sang hacker masih berkeliaran dan sempat meninggalkan pesan melalui situs forum AnonIB, dan mengidentifikasikan dirinya sebagai 'Original Guy'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini