Sukses

Google Indonesia Pamer Kualitas Pencarian di Google App

Google terus meningkatkan kualitas jajaran produknya, salah satunya adalah Google App atau yang sebelumnya disebut Google Search App.

Liputan6.com, Jakarta - Google terus meningkatkan kualitas jajaran produknya, salah satunya adalah Google App atau yang sebelumnya disebut Google Search App. Raksasa mesin pencari ini mengklaim kualitas penggunaan Google App dalam bahasa Indonesia untuk voice search lebih baik daripada sebelumnya.

Aplikasi ini bisa digunakan oleh para pengguna di Indonesia untuk 'bertanya kepada Google' mengenai berbagai hal seperti jalan, tips, resep, dan informasi lainnya.

Beberapa pertanyaan dalam bahasa Indonesia yang dapat digunakan, misalnya 'berapa umur Jokowi', 'siapa istri Jokowi', dan 'berapa luas danau toba'. Google App ini tersedia untuk perangkat berbasis sistem operasi (OS) Android dan iOS.

Head of Communications & Public Affairs Google Indonesia, Amy Kunrojpanya, menyatakan Google terus meningkatkan kualitas layanannya, salah satunya untuk penggunaan dalam bahasa Indonesia.


Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

NEXT

Cukup mudah digunakan

Terlebih lagi, sambungnya, banyak anak muda Indonesia menggunakan internet melalui perangkat mobile. Saat ini rata-rata terdapat 100 miliar pencarian setiap bulan di Google, dengan mayoritas berasal dari mobile.

Bahasa Indonesia adalah salah satu dari 50 bahasa yang bisa digunakan dalam Google App. "Saat ini pengalaman penggunaan internet pertama kali itu biasanya melalui mobile, bukan lagi lewat desktop seperti beberapa tahun lalu. Hal ini juga berlaku di Indonesia. Maka dari itu kami ingin memberitahu pengguna, apa saja yang bisa dilakukan oleh Google App dan seberapa bagus saat digunakan dalam bahasa Indonesia," ungkap Amy dalam acara peluncuran Google App di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Cara penggunaannya pun cukup mudah yaitu dengan menekan ikon mikrofon di kotak penelusuran atau mengucapkan 'OK Google', kemudian bisa langsung bertanya dalam bahasa Indonesia dan jawaban atas pertanyaan bisa langsung didapatkan.


Selanjutnya>>>

3 dari 3 halaman

NEXT

Peroleh jawaban dalam 1/8 detik

Diungkapkan Communications Manager Google Indonesia, Jason Tedjasukmana, pengguna bisa mendapatkan jawaban dalam waktu 1/8 detik.

Jawaban Google ini berasal dari berbagai website dan Knowledge Graph Google yaitu database yang menghubungkan semua informasi seperti tokoh, tempat, dan berbagai hal lain serta bagaimana hal-hal itu saling terhubung satu sama lainnya.

Menurut Jason, saat ini terdapat 570 juta objek yang tersimpan di Knowledge Graph dan lebih dari 50 miliar informasi mengenai objek-objek tersebut dan hubungan di antaranya. Saat ini tercatat ada 60 triliun laman website yang menjadi sumber informasi untuk hasil pencarian Google.

"Data-data ini terus tumbuh dan semakin sering Google App digunakan, maka layanan ini akan semakin pintar serta akurat karena lebih mengenal kebiasaan penggunanya," jelas Jason.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini