Sukses

Cara Memotret di Ruang Minim Cahaya Versi Jerry Aurum

Jerry Aurum memberikan sejumlah tips bagaimana menghasilkan foto yang tajam di ruangan minim cahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Memotret di ruangan minim cahaya merupakan salah satu tantangan terbesar bagi para fotografer pemula. Berikut beberapa tips sederhana dari fotografer profesional Jerry Aurum, yang dijamin akan membuat hasil foto Anda terlihat tajam di situasi minim cahaya.

Di luar dari pengaturan kamera yang cukup merepotkan, seperti setting-an ISO, aperture atau menggunakan fitur noise reduction yang ada di kamera, Jerry Aurum memberikan sejumlah langkah yang jauh lebih sederhana.

"Usahakan untuk tidak memakai flash karena cahaya flash biasanya membuat hasil foto terlihat kurang menarik atau flat, seperti foto-foto yang dihasilkan dari kamera smartphone," kata Jerry di kantor redaksi Liputan6.com SCTV Tower, Jakarta.

Selain itu, tambah Jerry, cobalah untuk manfaatkan sumber cahaya alami di ruangan tersebut, seperti dengan mambuka pintu atau jendela. Cahaya yang dihasilkan akan jauh lebih bagus ketimbang dari flash, yang mana terlihat lebih natural dan soft.

Terakhir, Jerry menganjurkan untuk mengubah pengaturan autofokus menjadi manual fokus. "Di ruangan minim cahaya, seringkali autofokus tidak bekerja dengan baik sehingga foto yang dihasilkan menjadi blur, bukan karena goyang tapi karena tidak fokus," terang Jerry.

"Jika ketiga langkah tersebut tetap membuat hasil foto di dalam ruangan minim cahaya tidak bagus, jangan dipaksakan. Pergi saja ke luar ruangan dan ambil foto yang baru," tutup Jerry dengan senyum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini