Sukses

Tips Memotret Model ala Fotografer Jerry Aurum

Fotografer profesional Jerry Aurum berbagi tips singkat kepada pembaca Tekno Liputan6.com terkait bagaimana cara memotret model.

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengabadikan foto model, seorang fotografer tak hanya mengandalkan perangkat kamera. Ada beberapa unsur yang tak kalah penting. Fotografer profesional Jerry Aurum berbagi beberapa tips singkat memotret model, spesial untuk pembaca Tekno Liputan6.com.

"Pertama, usahakan untuk mengobrol dulu dengan model sehingga kita bisa mengenal lebih banyak mengenai karakter si model. Dengan demikian kita bisa tahu apa yang mereka suka dan yang tidak disukai mereka. Itu akan membuat suasana lebih cair dan memotret akan jauh lebih gampang," kata Jerry Aurum di kantor redaksi Liputan6.com, Jakarta.

Kedua, lanjut Jerry, usahakan untuk mempunyai konsep lebih dulu. Jika tidak memiliki konsep, biasanya kita akan merasa bingung apa yang akan dilakukan. Jadi, ada baiknya untuk memiliki konsep - meski belum matang - agar kita bisa menghasilkan foto model yang berkarakter. 

"Kemudian, usahakan juga untuk punya kesabaran karena kadang-kadang memotret itu tidak bisa langsung jadi sebagaimana yang kita harapkan. Dengan kesabaran, otomatis kita punya peluang lebih besar untuk menghasilkan foto yang kita sukai," terang Jerry.

Selanjutnya, Jerry juga menyarankan untuk mengatur lighting saat memotret model. "Pencahayaan yang benar dapat menghasilkan foto yang jauh lebih cantik dari yang kita duga sebelumnya," tambah Jerry.

Yang terakhir adalah menampilkan suatu keunikan dalam foto. "Dengan adanya sebuah keunikan dalam foto, karya kita akan tampil berbeda dan berkesan. Contohnya ada pada sejumlah foto dalam buku terbaru saya yang bertajuk `On White`," imbuh Jerry.

Di dalam buku fotografi ini, dikatakan Jerry, terdapat 101 foto masyarakat yang tampil dengan latar belakang putih.

"Semua hasil karya yang terdapat dalam buku ini saya garap selama sekitar 6 tahun. Buku ini menampilkan foto-foto yang punya karakter, unik, dan berbobot - dari sebuah situasi yang paling sederhana yaitu di latar belakang putih," tutup fotografer kenamaan tersebut.

Berikut video tips Jerry Aurum tentang memotret model.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.