Sukses

Cara Praktis Upgrade iPhone Lawas ke iOS 8

Berikut adalah panduan singkat dan praktis untuk meng-upgrade iPhone lawas Anda ke sistem operasi iOS 8.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi mobile terbaru besutan Apple, iOS 8, sudah bisa diunduh sejak Rabu, 17 September 2014. Berikut adalah panduan singkat dan praktis untuk meng-upgrade iPhone lawas Anda ke iOS 8. 

Sebagai informasi, perangkat yang bisa memakai iOS 8 antara lain adalah iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, iPod Touch generasi 5, iPad 2, iPad Retina, iPad Air, iPad mini, dan iPad mini Retina Display.

Sementara iPhone 6 dan iPhone 6 Plus yang bakalan memakai iOS 8 secara pabrikan, baru akan dirilis pada 19 September 2014. Fitur-fitur terbaru di iOS 8 diklaim memakai tampilan antarmuka yang lebih sederhana, lebih cepat, dan lebih intuitif.

Selanjutnya>>> 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

NEXT

Cek perangkat yang kompatibel

Sebelum Anda menginstal iOS 8, periksa apakah perangkat Anda benar-benar kompatibel dengan perangkat lunak baru ini atau tidak? Apple biasanya membatasi update sistem untuk perangkat yang lebih baru.

Beberapa perangkat besutan Apple (di luar iPhone 6 dan iPhone 6 Plus ) yang kompatibel dengan iOS 8 adalah iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, iPod touch generasi ke-5, iPad 2, iPad 3, iPad 4, iPad Air dan iPad Mini.

Selanjutnya>>>

3 dari 6 halaman

NEXT

Pastikan backup semua data sebelum instal iOS 8

Hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum memulai instalasi adalah mem-backup semua data yang ada di iPhone Anda. Seandainya proses upgrade gagal, setidaknya Anda bisa melakukan proses instalasi lagi tanpa kehilangan data penting.

Jika Anda menggunakan iCloud untuk backup data, klik Setting> iCloud> Storage > Backup, lalu pilih 'Back Up Now'. Anda juga dapat menggunakan iTunes dengan menancapkan perangkat Anda ke komputer - dari menu di iTunes lalu pilih 'Back Up Now'. Data yang di-backup akan disimpan ke hard disk komputer Anda.

Selanjutnya>>>

4 dari 6 halaman

NEXT

Pastikan kapasitas memori mencukupi

Untuk download iOS 8, iPhone Anda harus memiliki cukup ruang untuk mengakomodasi semua upgrade. Sebelum mulai menginstal iOS 8, setidaknya iPhone Anda menyisakan memori sebesar 1 GB.

Foto, video, dan aplikasi berukuran besar cenderung menyedot memori. Untuk menyingkirkan beberapa data yang dirasa kurang penting, Anda bisa menuju ke menu `Setting`, lalu pilih `Usage`> `General`. Di sini Anda akan mengetahui daftar aplikasi dan sebagainya yang dirasa paling menguras memori.

Selanjutnya>>>

5 dari 6 halaman

NEXT

Download dan instal iOS 8

Setelah semua itu selesai, Anda siap untuk menginstal iOS 8. Anda dapat melakukannya dengan mudah melalui opsi `Software Update` di menu `Setting`. Pastikan perangkat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi dan power supply, kemudian cukup tekan `Download and Install`.

Jika passcode di iPhone Anda aktif, Anda wajib memasukkan passcode sebelum menginstal iOS 8. Anda pun harus menunggu proses update selesai - jangan coba untuk menggunakan aplikasi, melakukan panggilan telepon atau mengirim teks.

Bila Anda lebih tertarik untuk menginstal iOS 8 menggunakan iTunes, Anda harus menginstal versi terbaru dari iTunes di komputer Anda, lalu hubungkan iPhone Anda dan pilih perangkat Anda dari menu. Di bawah `Summary`, klik `Check for Update`, kemudian pilih `Download and Install`. 

Selanjutnya>>>

6 dari 6 halaman

NEXT

Silahkan gunakan iPhone Anda

Ketika proses update iOS 8 selesai, iPhone Anda akan restart secara otomatis. Setelah itu Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan beberapa rincian iCloud, dan menetapkan pertanyaan keamanan. Setelah itu diisi, iPhone Anda siap untuk digunakan. Selamat mencoba... 



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.