Sukses

Kesulitan Download iOS 8? Tenang, Mungkin Ini Masalahnya

Ada dua metode yang diterapkan Apple dalam menyebarkan iOS 8 kepada para pengguna, yakni melalui fasilitas OTA dan iTunes.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja merilis sistem operasi anyar iOS 8. Sistem operasi yang tersedia bagi pengguna perangkat iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, iPod Touch generasi 5, iPad 2, iPad Retina, iPad Air, iPad mini, dan iPad mini Retina Display ini sudah bisa diunduh sejak Rabu, 17 September 2014, kemarin.

Ada dua metode yang diterapkan Apple dalam menyebarkan iOS 8 kepada para pengguna. Pertama melalui fasilitas OTA (over the air), dan yang kedua adalah melalui layanan iTunes.

Namun menurut laporan yang dilansir laman Apple Insider, tak semua pengguna perangkat Apple berhasil dengan lancar mengunduh update iOS 8. Sebagian pengguna mengalami kesulitan, bahkan tak sedikit yang talah mencoba berulang-ulang, namun tetap gagal.

Nah, bila Anda mengalami hal serupa, jangan panik dulu. Pasalnya mungkin masalah-masalah berikut ini yang sedang Anda hadapi.


Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memori harus kosong di atas 5GB

1. Dibutuhkan memori kosong di atas 5GB

Besaran file iOS 8 memang hanya berukuran 1,1GB bila diunduh secara OTA (over the air). Namun sejatinya laman The Verge menginformasikan bahwa proses pengunduhan iOS 8 melalui OTA memerlukan kapasitas memori di atas 5GB karena sejumlah sinkroniasasi aplikasi akan terus berjalan di latar program.

Mungkin kurangnya kapasitas memori inilah yang menjadi masalah di perangkat Anda, terutama bagi Anda para pengguna iPhone berkapasitas 16GB.

Ada baiknya sebelum mengunduh update iOS 8 Anda mengurangi dan mem-backup sebagian data yang ada pada perangkat ke layanan iCloud. Atau Anda bisa memilih opsi melakukan pengunduhan melalui iTunes karena hanya membutuhkan 1,1GB memori saja, tanpa tambahan.


Selanjutnya>>>

3 dari 3 halaman

Server Apple tumbang

2. Server Apple tumbang

Masalah kedua yang kemungkinan besar mempersulit proses pengunduhan iOS 8 adalah tumbangnya server Apple. Ini adalah permasalah yang lazim terjadi tiap tahunnya, atau tiap kali Apple merilis sistem operasi anyar.

Disarankan Anda untuk bersabar. Pasalnya Apple mungkin akan melakukan 'pengamanan' server mereka yang berkonsekuensi pada lambatnya proses update iOS 8. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses pengunduhan iOS 8 via OTA adalah 1 jam ke atas. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.