Sukses

Smartphone Tizen Pertama Samsung Meluncur November

Pihak Samsung mengatakan bahwa smartphone Tizen pertama perusahaan akan diluncurkan di India pada November tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Meski pemberitaan mengenai smartphone berbasis sistem operasi (OS) Tizen pertama Samsung telah beredar cukup lama, sampai kini belum ada satu pun yang dijual. Kini kabar terbaru mengungkapkan bahwa Samsung akan meluncurkan smartphone Tizen pada November 2014.

Menurut yang dilansir Phone Arena, Sabtu (20/9/2014), Samsung pada awal Juni 2014 mengumumkan Samsung Z, yang seharusnya menjadi smartphone Tizen komersial pertama di dunia. Namun Samsung dilaporkan membatalkan peluncurannya, dan lebih memilih menghadirkan sejumlah handset Tizen dengan harga murah.

Kendati demikian, belum diketahui secara pasti kapan smartphone itu akan hadir, sampai akhirnya pihak Samsung memberikan informasi terkait hal tersebut. Menurut Economic Times, pihak Samsung mengonfirmasi bahwa perusahaan berencana merilis sebuah handset Tizen di India pada November 2014.

Sayangnya belum ada rincian lebih lanjut mengenai perangkat tersebut. Namun SM-Z130 disebut akan menjadi smartphone Tizen pertama dan dijual dengan harga berkisar US$ 200.

Director Media Solutions Center for South West Asia Samsung, Tarun Malik, mengatakan bahwa smartphone Tizen akan hidup berdampingan dengan handset Android. Meski Malik tak mengumbar banyak informasi, tapi smartphone ini diprediksi tidak hanya akan tersedia di India.

Samsung sendiri saat ini adalah salah satu raksasa di pasar smartphone. Posisinya kian terancam di pasar India dengan kehadiran berbagai vendor lokal yang menjual handset dengan harga sangat kompetitif. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.