Sukses

Video Asal-usul Emoticon yang Wajib Ditonton

Video ini menampilkan evolusi tanda baca dan emoticon selama berabad-abad dalam bentuk animasi nan atraktif.

Liputan6.com, Jakarta - Apapun bentuknya, entah itu wajah tersenyum atau marah, Anda pasti tahu dan menyukai emoticon. Ya, emoticon telah menjadi bagian integral dari komunikasi kita sehari-hari.

Untuk mengetahui lebih dalam tentang asal-usul emoticon, Mashable meng-upload video singkat ke YouTube, yang menampilkan evolusi tanda baca dan emoticon selama berabad-abad dalam bentuk animasi nan atraktif.

Video berdurasi 2 menit 21 detik ini membeberkan penggunaan pertama dari sebuah emoticon yang ditemukan pada tahun 1648, dalam sebait puisi karya Robert Herrick. Hal ini menunjukkan bahwa emoticon sudah ada sekitar 200 tahun yang lalu.

"Tumble me down, and I will sit. Upon my ruins, (smiling yet:)." Demikian susunan puisi yang terlihat layaknya emoticon wajah tersenyum, seperti dikutip dari The Atlantic, Senin (20/10/2014).


Bukan itu saja, video ini juga menampilkan penggunaan emoticon pada majalah Puck Magazine edisi 1881. Dalam majalah tersebut terdapat salah satu artikel yang mendeskripsikan bagaimana penggunaan "seni ketik" untuk menggambarkan emosi tertentu.

Akhirnya, emoticon kini muncul di berbagai media, mulai dari buku, kemudian Internet, kamus, dan komunikasi kita sehari-hari via layanan pesan instan.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.