Sukses

BlackBerry Blend Disambut dan Dipuji

BlackBerry Passport berhasil menjadi berita utama minggu ini, tapi kehadiran aplikasi baru bernama BlackBerry Blend juga tak kalah menarik.

Liputan6.com, Jakarta - Peluncuran BlackBerry Passport berhasil mencuri perhatian minggu ini, tapi kehadiran aplikasi baru bernama BlackBerry Blend juga tak kalah menarik. Apllikasi ini juga berhasil mendapatkan pujian. 

Aplikasi BlackBerry Blend bisa diunduh untuk komputer dan tablet mulai dari versi Mac OS X 10.7, Windows 7, iOS 7, dan Android 4.4, ke atas. Melalui fitur ini, pengguna bisa mengintegrasikan pesan dan konten yang ada di smartphone BlackBerry ke komputer dan tablet.

"BlackBerry Passport berhasil menarik perhatian. Tapi bagi kami, pengumuman BlackBerry Blend lebih penting," tutur analis RBC Capital Markets, Mark Sue, seperti dilansir Reuters, Jumat (26/9/2014).

Dalam catatannya, Sue menekankan bahwa BlackBerry Blend adalah salah satu kunci strategi penting untuk beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan-perusahaan besar. Para karyawan perusahaan itu tengah didorong untuk lebih fleksibel menggunakan perangkat pilihan mereka sendiri.

BlackBerry sendiri, di bawah kepemimpinan Chief Executive Officer (CEO) John Chen, telah mengubah fokusnya. Dia ingin BlackBerry tidak hanya bersaing di arena smartphone, tapi juga membangun kekuatan di area seperti keamanan data mobile dan manajemen perangkat mobile.

"Blend menyokong strategi enterprise BlackBerry," sambung Sue. Menurutnya, akuisisi terhadap startup teknologi mobile asal Inggris, Movirtu, akan kian menjadi dorongan bagi BlackBerry di pasar enterprise.

Software yang dimiliki Movirtu memungkinkan para pengguna memiliki beberapa nomor telefon di perangkat yang sama. Akuisisi ini dilakukan pada awal September 2014.

Sementara itu, sistem Blend memungkinkan seorang pengguna mendapatkan notifikasi pesan, membawa dan merespon email pribadi dan pekerjaan, SMS, serta pesan lainnya. Selain itu, pengguna juga bisa mengakses file, kalender, kontak, dan media lainnya di perangkat apa pun.

Sistem Blend kompatibel di berbagai OS termasuk Mac OS, Windows, Android, dan iOS.

Analis Scotiabank, Daniel Chan, menilai Blend sebagai produk unik yang dapat membantu para developer membangun fungsi Blend ke dalam aplikasi mobile mereka. "Blend memiliki potensi menjadi gerbang komunikasi yang aman untuk semua perangkat pengguna," katanya.

Analis lain juga optimis dengan fitur baru ini. "Ini (BlackBerry Blend) bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pengguna enterprise yang menggunakan platform berbeda di sejumlah perangkat dan ingin cepat mengakses email, pesan, kalender, dan lainnya," kata Richard Tse dari Cormark.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini