Sukses

#SaveSpongebob Ramaikan Trending Topic Dunia

Dukungan terhadap Spongebob mengalir di Twitter dengan hashtag khusus #SaveSpongebob agar film itu tidak dihentikan siarannya.

Liputan6.com, Jakarta - Film kartun anak-anak yang populer sejak pertengahan tahun 2000-an, Spongebob, mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Film ini masuk dalam kategori hati-hati.

Menanggapi teguran itu, para penggemar film Spongebob langsung bereaksi. Dukungan terhadap Spongebob mengalir, dengan tujuan agar film itu tidak dihentikan siarannya. Mereka membuat hashtag (tagar) khusus #SaveSpongebob di situs jejaring sosial Twitter.

Menurut pantauan kami, hingga berita ini diturunkan, Jumat (26/9/2014), tagar #SaveSpongebob berada di urutan keempat dalam daftar trending topic Twitter dunia. Di Twitter Indonesia, tagar ini justru berada di peringkat pertama trending topic. 

"We kids indonesia love Spongebob! #savespongebob #savespongebob #savespongebob #savespongebob #SaveSpongebob," teriak Nina Selviana ‏via akun @Nina_chance.



Sinetron lain pun jadi ikut kena kritik. Sejumlah pengguna Twitter mempertanyakan kenapa beberapa sinetron yang merusak moral anak di bawah umur juga tidak ikut dihapus.

"Spongebob dihapus, apakabar sinetron yg merusak moral meracuni anak dibawah umur untuk pacaran? Diperbolehkan? Mirror please! #SaveSpongebob," tanya Annisa NF via akun @nisa000418.

"Spongebob mau dihentiin penayangannya,trus ntar diganti ama sinetron judulnya manusia belut,kan lagi jaman tuh manusia hewan #SaveSpongebob," kata akun @_Okesipp.

"@Putrrre: "@Ungaek: Jangan hapus carton masa kecil kami kalau manusia serigala bersama antek-anteknya masih nangkring di tv #savespongebob," tulis ‏@putriuliutami.



"#savespongebob!! Kenapa ga serigala, harimau, bubur, dan tangis²an istri yg di bubarin..," komentar Rezya Agnesica via akun @helena_sihaloho.

#savespongebob Klw kartun ini di hapus,terus anak gw suruh nonton apa? nonton sinetron yang ada Srigalanya, Harimau nya, GAK MENDIDIK," celetuk akun ‏@vian_young99.

Sekedar informasi, KPI sebenarnya hanya mengingatkan orang tua agar mewaspadai film kartun dan animasi yang disiarkan sejumlah stasiun TV, bukan menuntut untuk menghapus film tersebut. Selain Spongebob, film lain yang masuk dalam kategori hati-hati adalah Crayon Shincan, Tom & Jerry, karena menyuguhkan beberapa adegan kekerasan.

Menurut komisioner KPI, Agatha Lilly, ada banyak perkataan dan perbuatan yang tidak pantas ditiru anak-anak dalam film Spongebob, seperti adegan memelorotkan celana dan meledek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.