Sukses

Putra Mahkota Samsung Siapkan Strategi Lawan iPhone 6

Salah satu tujuan kedatangan Vice Chairman Samsung dilaporkan untuk melakukan riset pasar dan mendapatkan strategi menghadapi iPhone 6.

Liputan6.com, Jakarta - Vice Chairman Samsung, Jay Lee, telah lima kali mengunjungi Amerika Serikat (AS) pada tahun ini. Namun tidak ada yang mengetahui secara pasti tujuan kedatangan Lee, tapi diprediksi untuk mendapatkan strategi menghadapi iPhone 6.

Dilaporkan Business Insider, Rabu (1/10/2014), Samsung menolak memaparkan alasan kunjungan petinggi perusahaan itu di AS. Namun menurut laporan, kunjungannya itu untuk melakuan riset pasar dan bisa mendapatkan strategi untuk menghadapi iPhone 6.

Bagi masyarakat umum, kunjungan ke luar negeri merupakan hal yang lumrah. Namun dinilai menjadi tidak biasa untuk sebuah perusahaan sebesar Samsung yang sampai membuat eksekutifnya cukup sering mengunjungi Negeri Paman Sam.

Lee dilaporkan berada di AS pada Januari 2014 sebelum peluncuran Galaxy S5, dan kembali lagi pada Mei untuk mengunjungi 'konsumen lokal'. Dua kunjungan lainnya dilakukan pada Juli yaitu untuk menghadiri Allen & Co Sun Valley Conference dan menggelar pertemuan dengan Apple. Pertemuan dengan Apple ini diprediksi saat kedua perusahaan menyepakati penyelesaian tuntutan hukum paten di luar AS.

Lee menggelar pertemuan dengan Chief Executive Officer (CEO) Microsoft, Satya Nadella pada pekan lalu di Seoul, Korea Selatan (Korsel), tepat sebelum keberangkatannya ke AS. Menurut laporan lokal, keduanya membicarakan kemungkinan kolaborasi di masa mendatang dan cara meningkatkan hubungan bisnis kedua perusahaan.

Menurut laporan surat kabar terbesar di Korea, Chosun Ilbo, Nadella memberikan Lee sesuatu yang 'istimewa' saat mengunjungi kantor pusat Samsung.

Terlepas dari posisinya sebagai Vice Chairman, Lee bukan sembarang orang di Samsung. Dia adalah putra satu-satunya dari Chairman Samsung, Lee Kun-hee. Lee kerap disebut sebagai 'Putra Mahkota Samsung', karena dia adalah kandidat utama untuk mengambil alih perusahaan setelah ayahnya memutuskan untuk mundur. Ayah Lee adalah anak pendiri Samsung, Lee Byung-chul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini