Sukses

Onno Purbo Ingin Indonesia Punya Sistem Operasi Mobile Sendiri

Pakar teknologi Indonesia, Onno W. Purbo mengajak pengguna Android untuk menjebol sistem operasi perangkat masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi Android sudah menjadi platform mobile yang paling banyak dipakai pengguna smartphone di Indonesia. Pakar teknologi Indonesia, Onno W. Purbo mengajak masyarakat untuk lebih mengenal sistem operasi buatan Google Inc. tersebut.

Cara yang dilakukan pria berkacamata itu dalam mengenalkan Android cukup unik. Onno mengajak pengguna perangkat Android untuk menjebol sistem operasi yang ada di perangkatnya masing-masing.

"Sekarang yang kita ajarin baru untuk rooting sama compile Android dulu pakai ROM dari Cyanogenmod. Cara yang ditunjukkan tadi dibuat sesederhana mungkin karena masih level dasar," ungkap Onno di IDC 3D, Jakarta, Senin (29/9/2014).

Demi menunjukkan cara rooting Android, Onno menjelaskan langkah demi langkah cara menjebol Android pabrikan kepada peserta yang sengaja datang ke data center IDC di Duren Tiga Raya maupun yang menyaksikannya secara online lewat software e-Learning.

"Lanjutan yang kita harapkan ialah masyarakat bisa mengenal Android lebih jauh nantinya. Syukur-syukur kalau mereka nanti bisa membuat sistem operasi sendiri, seru kan kalau tiap kota dan kabupaten punya platform sendiri," imbuhnya.

Onno memang dikenal sebagai sosok yang sangat gandrung berbagi ilmu yang dimilikinya secara terbuka. Biasanya ia berbagi ilmu lewat tanya-jawab yang dilakukan di akun Twitter @onnopurbo miliknya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.