Sukses

Internet Dianggap Solusi Persatukan Indonesia

Onno Center secara aktif melakukan komunikasi dan menggelar pendidikan online melalui situs webinar dan platform blusukan online.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memiliki geografis kepulauan dengan puluhan ribu pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Kondisi tersebut membuat pemantauan dan akses tiap pulau jadi satu permasalahan kompleks.

Kehadiran internet di Indonesia dinilai bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Berbagai fasilitas dan layanan yang hadir di masyarakat saat ini disebutkan telah didukung fasilitas internet.

"Internet merupakan salah satu solusi untuk mempersatukan Indonesia yang berpulau-pulau. Semua yang digunakan masyarakat itu sudah berbasis internet dari perbankan, komunikasi sampai pendidikan," ungkap Dedi Yudiant, tim pengembang e-Learning Onno Center.

Ia melanjutkan, pihaknya telah secara aktif melakukan komunikasi dan menggelar pendidikan online melalui situs webinar dan platform blusukan online. Dedi mengklaim minat dari para peserta di daerah cukup tinggi pada aktivitas pembelajaran jarak jauh yang dilakukan Onno Center.

"Pertumbuhan pendidikan online yang kita miliki cukup tinggi. Sekarang sudah ada lebih dari 5 ribuan peserta cyber learning yang cukup aktif bertanya seputar teknologi, mereka biasa tanya jawab via email, chatting atau ngobrol langsung," ungkapnya lagi.

Aktivitas belajar yang digelar Onno Center diklaim salah satu langkah menyatukan Indonesia. Masyarakat dan pelajar yang sebelumnya terhalang jarak dan waktu kini menjadi lebih mudah setelah memanfaatkan internet.

Menurut Dedi, belajar lewat internet bukan hal yang mahal bagi para peserta yang ada di luar Jakarta. Mereka hanya memerlukan komputer dan akses internet berkecepatan minimal 1 Mbps sedangkan bagi penyelenggara harus menyiapkan data center dan juga sistem untuk mengatur proses e-Learning yang diselenggarakan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini