Sukses

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Jejaring Sosial Ello (1)

Berikut 10 hal yang perlu Anda ketahui tentang jejaring sosial buatan sekelompok desainer grafis ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ello adalah sebuah jejaring sosial baru yang dikenal dengan reputasinya sebagai situs anti-Facebook. Sejauh ini popularitasnya kian melonjak, di mana setiap jam menerima sekitar 35 ribu permintaan undangan.

Bisa dibilang, Ello adalah perpaduan dari Twitter dan Tumblr. Pengguna dapat mem-posting status, foto, GIF, memberikan komentar di postingan teman, dan juga memanfaatkan tool pencarian.

Lalu, apa yang membuat Ello begitu diganderungi? Berikut 10 hal yang perlu Anda ketahui tentang jejaring sosial buatan sekelompok desainer grafis ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

NEXT

Berbeda dengan yang lain

Ello adalah jejaring sosial yang anti-Facebook, di mana bebas iklan dan dirancang untuk menanggapi berbagai kebijakan Facebook yang kontroversial seperti memaksa pengguna untuk menggunakan nama asli. Jadi, Ello tak akan memaksa pengguna untuk mencantumkan nama asli.

Ketika melihat Ello, mungkin tak jauh berbeda dengan jejaring sosial lainnya. Tapi Ello melakukan pendekatan inovatif untuk mengorganisir semua teman-teman Anda, menemukan konten, atau memperkaya pengalaman Anda.

Ello adalah perbaduan antara Tumblr dan Twitter. Seperti Tumblr, pengguna dapat mengirim foto dan pesan tertulis, panjang atau pendek. Layaknya Twitter, Anda dapat me-mention orang dan mereka akan muncul di profil Anda atau sebaliknya.


3 dari 6 halaman

NEXT

Utamakan privasi pengguna

Ello berkomitmen untuk tidak memunculkan iklan pada layanannya. Folosofi Ello adalah: "Satu-satunya cara untuk menjual iklan adalah dengan memperbanyak data pengguna, dan perusahaan tidak berniat untuk melakukan hal itu".

Bahkan, Ello memungkinkan pengguna untuk memilih keluar dari pelacakan Google Analytics dan memberikan cara bagaimana mengamankan data pengguna.

Banyak orang yang meragukan hal itu, namun Ello menanggapinya dengan menegaskan rencananya untuk menemukan cara lain dalam memperoleh pendapatan. Salah satunya adalah berencana memberlakukan upgrade fitur berbayar.


4 dari 6 halaman

NEXT

Tombol Love

Jika di Facebook terdapat tombol Like, Ello menyematkan tombol Love. Tombol Like pada Facebook diciptakan sebagai cara yang efisien untuk mengumpulkan data tentang apa yang pengguna sukai.

Dengan mengetahui hal tersebut, Facebook dapat dengan mudah menjual produk yang pengguna sukai. Sementara tombol Love pada Ello berfungsi untuk menyimpan posting-an yang kemudian dapat dibaca pengguna.


5 dari 6 halaman

NEXT

Daftar harus pakai undangan

Sementara ini untuk mendaftar di situs jejaring Ello pengguna harus memiliki undangan terlebih dulu. Setiap pengguna yang sudah mendaftar baru bisa mengirim 25 undangan. Dilaporkan Cnet, Rabu (1/10/2014), Ello menarik sekitar 35.000 undangan per jam, sehingga peluang untuk mendapatkan undangan cukup besar.

Setelah Anda mendapatkan golden ticket, proses pendaftarannya cukup sederhana. Ello hanya meminta untuk memilih nama dan juga URL pengguna. Pengguna juga akan diminta untuk memilih nama tampilan, yang dapat berubah sewaktu-waktu. 


6 dari 6 halaman

NEXT

Bisa dikostumisasi

Seperti jejaring sosial lainnya, pengguna dapat memiliki halaman profil sendiri, yang dapat diakses melalui Ello.co/(nama pengguna). Secara default, profil pengguna dapat diakses oleh siapa saja.

Dari halaman profil, klik lingkaran besar untuk meng-upload foto. Jika ingin tampak terlihat sempurna, pastikan untuk mengubah ukurannya ke 340x340. Anda juga dapat membuat biografi singkat atau menambahkan link dengan cara mengklik ikon `Gear` yang terletak di sebelah kiri foto profil.





 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.