Sukses

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Jejaring Sosial Ello (2)

Bisa dibilang, Ello adalah perpaduan dari Twitter dan Tumblr. Pengguna dapat mem-posting status, foto, GIF, dan lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ello adalah sebuah jejaring sosial baru yang dikenal dengan reputasinya sebagai situs anti-Facebook. Sejauh ini popularitasnya kian melonjak, di mana setiap jam menerima sekitar 35 ribu permintaan undangan.

Bisa dibilang, Ello adalah perpaduan dari Twitter dan Tumblr. Pengguna dapat mem-posting status, foto, GIF, memberikan komentar di postingan teman mereka, dan juga menggunakan tool pencarian.

Lalu, apa yang membuat Ello begitu diganderungi? Berikut 10 hal yang perlu Anda ketahui tentang jejaring sosial buatan sekelompok desainer grafis ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

NEXT

Sederhana

Pengaturan profil Ello sangat sederhana, namun ada baiknya luangkan waktu untuk mempertimbangkan setiap opsi. Misalnya, Ello menggunakan Google Analytics, yang melacak pengunjung dan aktivitas teman. Tidak seperti jejaring sosial lainnya, Ello memungkinkan pengguna untuk keluar dari aktivitas tersebut.

Pengguna juga dapat memilih untuk menonaktifkan opsi Public Profile, untuk mencegah orang yang bukan anggota Ello melihat profil Anda. Siapapun dapat melihat profil Anda dan mem-posting sesuatu.

Jejaring sosial anyar ini menyediakan tombol Delete untuk menghapus profil pengguna dari Ello. Menurut ketentuan yang berlaku, bagaimanapun juga Ello tetap memiliki hak untuk mem-backup konten pengguna, bahkan setelah pengguna menghapus akun.

3 dari 6 halaman

NEXT

Kategorikan teman

News feed pengguna dapat difilterisasi dengan dua pilihan yaitu opsi Friends dan Noise. Pada opsi Friends, pengguna dapat melihat postingan lengkap dari siapapun yang ditandai sebagai teman.

Sementara pada opsi Noise, pengguna hanya akan menerima postingan dari orang yang telah ditandai sebagai Noise. Ini dirancang untuk menyingkirkan konten yang dirasa kurang menarik.

Jadi, pengguna dapat mengkategorikan orang sebagai "Noise" atau "Friends" di profil mereka. Ketika Anda mengklik "Friends" pada profil seseorang, Anda akan menerima postingan mereka, meskipun pengguna tidak berteman dengannya.

4 dari 6 halaman

NEXT

Lebih interaktif

Untuk membuat postingan, klik kotak hitam dan mulailah mengetik. Untuk me-mention seseorang, cukup tambahkan simbol @ di depan nama mereka, dan postingan akan muncul pada halaman mereka.

Namun untuk sementara ini pengguna belum bisa mem-posting video, tetapi pengguna dapat meng-upload foto dengan mengklik dua kali ikon jendela tepat di bawah kotak teks berwarna abu-abu.

Cara alternatifnya, cukup drag file JPG, GIF, animasi GIF atau PNG langsung ke kotak hitam. Foto secara otomatis akan dikompresi tetapi ukurannya tidak akan berubah.


5 dari 6 halaman

NEXT

Kolom pencarian

Pada halaman Discover (juga dapat diakses dari sidebar kiri), ada kolom pencarian di bagian atas. Sementara ini fitur tersebut belum berfungsi. Namun pengguna dapat menggunakannya untuk mencari profil teman atau konten.

6 dari 6 halaman

NEXT

Fitur Facemaker

Ello masih dalam versi beta, sehingga masih banyak bug. Maka tak heran bila fitur yang ada belum maksimal dan Ello juga belum bisa digunakan di perangkat mobile.

Yang menarik, Ello dilengkapi dengan fitur Facemaker. Namun saat ini fitur tersebut belum berfungsi. Ketika sudah dapat digunakan, Facemaker akan menyisipkan logo Ello di wajah pengguna dan menyembunyikan identitas Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.