Sukses

Google Doodle Peringati Hari Batik Nasional

Google Doodle memperingati Hari Batik Nasional dengan menampilkan sejumlah karakter orang dewasa hingga anak-anak yang mengenakan batik.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis 2 Oktober 2014, Google merangkai Google Doodle dengan tampilan sejumlah karakter orang dewasa hingga anak-anak yang sedang mengenakan batik.

Pada laman utama situs pencarian Google, Google Doodle menampilkan beragam motif pakaian batik yang dikenakan oleh sebuah keluarga, baik wanita, anak-anak, dan lelaki dewasa.

Google mengganti logonya yang terdiri dari enam huruf dengan enam anggota keluarga Indonesia berseragam batik untuk mengabadikan momen spesial hari batik di Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Hari Batik Nasional yang selalu diperingati pada tanggal 2 Oktober memiliki sejarah panjang. Lima tahun lalu di tanggal yang sama, United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Jejak batik juga terdapat di negara-negara seperti Nigeria, China, India, Malaysia, Filipina, dan Sri Lanka. Pun demikian, batik Indonesia merupakan yang paling popular dan dikenal di seluruh dunia.

Situs resmi UNESCO mencantumkan batik Indonesia memiliki beragam motif yang berkaitan erat dengan perkembangan budaya bangsa - keragaman status sosial, kebudayaan lokal, alam, hingga sejarah telah melahirkan warna-warni dalam kesenian batik.

Indonesia telah merayakan 2 Oktober sejak tahun 2009 sebagai Hari Batik Nasional. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengeluarkan Keppres No. 33/2009 yang menetapkan tanggal tersebut sebagai peringatan diakuinya batik sebagai warisan dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.