Sukses

Cortana Menghilang di Windows 10?

Cortana baru akan tersedia di sistem operasi Windows 10 pada waktu perilisan resminya pada tahun 2015 mendatang.

Liputan6.com, San Fransisco - Pada acara pengumumannya, Microsoft memamerkan sejumlah fitur unggulan terbaru yang mereka sematkan pada sistem operasi Windows 10. Namun ada yang aneh, fitur asisten pribadi digital berbasis suara, Cortana, tidak turut dipresentasikan. Apakah Cortana tidak tersedia di Windows 10?

Menurut laporan yang dilansir laman The Verge, Kamis (2/10/2014), Cortana baru akan tersedia di Windows 10 pada waktu perilisan resminya 2015 mendatang. Sementara untuk Windows 10 versi Technical Preview yang sudah dapat dicicipi oleh para pengguna secara gratis, Cortana tidak disertakan.

Dijelaskan lebih lanjut, Cortana nantinya akan berfungsi sebagai pendukung fitur pencarian di Windows 10. Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, tombol Start Menu yang kembali hadir di Windows 10 menawarkan sejumlah perbaikan. Salah satunya adalah kemampuan mesin pencari yang lebih canggih. Mesin pencari di Start Menu ini nantinya akan bisa dinavigasi dengan bantuan Cortana.

Selain itu, beberapa fungsi dasar Cortana sebagai asisten digital juga tetap akan berfungsi dengan baik di Windows 10. Seperti di platform Windows Phone, Cortana di Windows 10 juga dapat digunakan sebagai asisten pribadi yang memberi notifikasi dan mengatur jadwal kegiatan.

Cortana sendiri kian populer pasca Piala Dunia 2014. Produk inovatif dari Microsoft itu berhasil menebak dengan tepat hasil 15 pertandingan. 'Kesaktian' Cortana ini karena didukung sebuah teknologi anyar Microsoft yang disebut Bing Prediction Engine. Ini adalah sebuah software khusus berbasis mesin pencari Bing, yang telah dilengkapi algoritma khusus sesuai kebutuhan.

Sebelum diaplikasikan pada gelaran Piala Dunia tahun 2014, teknologi Bing Prediction Engine pernah diterapkan untuk memprediksi siapa yang tereliminasi di beberapa ajang kontes bakat populer, seperti The Voice, Dancing With the Star, serta American Idol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.