Sukses

Bill Gates Puji Apple Pay

Bill Gates menilai kehadiran Apple Pay sebagai ide yang fantastis dan dapat memberikan kontribusi nyata.

Liputan6.com, Jakarta - Co-founder Microsoft, Bill Gates, adalah salah satu filantropis terkemuka di dunia. Kini sebagai seorang filantropis dan pakar teknologi, dia ingin membantu membawa layanan mobile banking untuk negara-negara miskin di dunia.

Hal ini diungkapkan Gates dalam sebuah kesempatan wawancara dengan Bloomberg TV. Dia menyatakan ingin membuat pembayaran mobile lebih mudah dan murah untuk mengatur uang di negara-negara tersebut. Namun yang dinilai menarik, sistem operasi (OS) Microsoft, Windows Phone, belum memiliki teknologi pembayaran mobile sendiri. Sedangkan kompetitor seperti Google memiliki Google Wallet dan Apple dengan Apple Pay.

Lalu anchor Blomberg Television, Erik Schatzker, bertanya apakah Gates memiliki pertimbangan untuk meminta bantuan kepada Chief Executive Officer (CEO) Apple, Tim Cook. "Tidak," jawab Gates. Menurutnya Apple Pay tidak memberikan jalan keluar untuk masalah 'low-cost' yang tengah ia kerjakan.

Kendati demikian, Gates tidak mencerca Apple Pay. Sebaliknya, dia menilai produk baru itu sebagai ide 'fantastis' dan 'memberikan kontribusi nyata'.



"Apple Pay adalah contoh yang baik tentang bagaimana sebuah ponsel dapat mengidentifikasi penggunanya melalui cara yang cukup baik, sehingga Anda bisa melakukan transaksi dengan cara yang sangat murah. Mengingat fakta bahwa saya bisa beli sesuatu dari aplikasi apa pun, maka itu fantastis," tutur Gates seperti dilansir Business Insider, Jumat (3/10/2014).

Selain itu, mengingat proses transaksi tidak lagi memerlukan kartu fisik, menurut Gates, merupakan bentuk kontribusi nyata.

Dia menambahkan bahwa semua ponsel, termasuk Windows Phone, suatu saat pasti akan memiliki sistem pembayaran mobile.

"Semua platform, apakah itu Apple atau Google atau Microsoft, Anda akan melihat sistem pembayaran ini di dalamnya. Semuanya di bangun di atas protokol standar industri, NFC. Dan semua perusahaan akan ikut serta. Apple akan membantu memastikan pembayaran ini sampai ke kelompok massa penting," ungkap pria yang kerap merajai daftar orang terkaya di dunia ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.