Sukses

Bill Gates Tantang Ilmuwan Ciptakan Alat Pendeteksi Penyakit

Hasil terbaik kabarnya akan dihadiahi uang sebesar US$ 10 juta dari Qualcomm selaku sponsor.

Liputan6.com, Washington - Yayasan kemanusiaan milik pendiri Microsoft, Bill & Melinda Gates Foundation, belum lama ini merayakan 10 tahun berjalannya program 'Grand Challenges in Global Health'. Program ini telah berjalan sejak tahun 2004 lalu dengan tujuan mengumpulkan ide-ide terbaik para ilmuwan untuk mencari solusi berbagai masalah kesehatan.

Program Grand Challenges in Global Health sejauh ini sudah menelurkan berbagai solusi kesehatan modern. Contoh terkini adalah toilet pintar yang diaplikasikan di sejumlah kamp pengungsi di beberapa wilayah konflik. Ada pula baterai berdayakan urin, serta salah satu yang paling banyak dibicarakan adalah kondom anti penyakit menular seks.

Menurut yang dilaporkan laman Business Insider, kini program Grand Challenges in Global Health menantang para ilmuwan untuk menciptakan sebuah alat pendeteksi penyakit jahat. Hasil terbaik kabarnya akan dihadiahi uang sebesar US$ 10 juta dari Qualcomm selaku sponsor dan rekanan yayasan Bill & Melinda Gates Foundation.

Bill Gates sendiri di situs resmi pribadinya, gatesnotes.com, telah memamerkan gambar prototipe mesin pendeteksi segala jenis penyakit berbahaya yang berdesain layaknya mesin print 3D.

"Jika ide ini berhasil, hasilnya akan fantastis. Jika tidak, kita semua akan kecewa. Namun bila cara ini menemui jalan buntu, masih banyak cara lain yang bisa dieksplorasi," tulis Gates di laman resminya.

Sejauh ini dikabarkan sudah ada 5 tim pengembang yang tertarik untuk terlibat dalam tantangan ini. Anda tertarik ikut?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini