Sukses

Awas! Video Syur Emma Watson di Facebook Bervirus

Di dalam link video tersebut mengandung sejumlah malware jahat yang bertujuan untuk mencuri berbagai data pribadi pengguna komputer.

Liputan6.com, Jakarta - Penyebaran foto syur ratusan artis Hollywood ternyata dimanfaatkan oleh para hacker untuk menyebarkan malware jahat. Yang terkini, sebuah link video YouTube yang digosipkan sebagai kumpulan foto syur artis cantik Emma Watson beredar di Facebook. 

Namun hati-hati! Jangan sekali-kali Anda berani untuk meng-klik atau bahkan mengunduh konten video syur yang ditawarkan tersebut. Sebab menurut hasil penelusuran perusahaan keamanan BitDefender, di dalam link video tersebut mengandung sejumlah malware jahat yang bertujuan untuk mencuri berbagai data pribadi pengguna komputer.

Salah satu yang paling diincar dari malware seperti ini adalah data perbankan dan kombinasi password akun media sosial pribadi.

"Video yang saat ini beredar di Facebook itu menjanjikan koleksi kumpulan foto syur Emma Watson yang dicuri dari dunia maya," ungkap Catalin Cosoi, kepala strategi kemanan BitDefender seperti yang dilansir laman Mirror, Jumat (10/10/2014).

Emma Watson

Lebih lanjut dijelaskan, link ini menampilkan foto setengah badan dari artis remaja pemeran Hermione dalam film Harry Potter. itu Lalu bila di-klik, laman akan berpindah ke laman yang tampak menyerupai YouTube. Akan tetapi laman tersebut sebenarnya adalah laman palsu yang sengaja dipersiapkan oleh hacker.

Video akan terlihat seperti sedang loading siap diputar. Namun tak lama Anda akan mendapat perintah untuk memperbarui versi Flash Player untuk dapat memutar video tersebut. Bila Anda unduh, maka Anda sama saja telah mengunduh malware masuk ke dalam komputer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini